GadgetSquad.ID – Platfrom Android 11 sudah resmi diluncurkan. Generasi OS Android tersebut, kali pertama menyambangi ponsel Pixel dan beberapa model dari OnePlus, Xiaomi, Oppo dan Realme.

Disaat Android 11 mulai disebarkan, Google juga meluncurkan Android 11 Go. Seperti versi terdahulu, Android 11 Go dirancang sebagai versi ringan, agar smartphone dengan spesifikasi biasa juga dapat kencang performanya.

Seperti dikutip dari XDA Developer, salah satu fitur baru Android 11 Go adalah mendukung ponsel dengan RAM 2 GB atau di bawahnya. Sebelumnya, Android 10 Go mendukung ponsel RAM 1,5 GB.

Namun patut dicatat, Android 11 Go hanya akan disertakan di ponsel Android RAM 2 GB model baru, bukan yang sudah ada.

Android 11 Go sendiri, diklaim Google dapat meluncurkan aplikasi 20% lebih ngebut dibandingkan Android 10 Go. Pengguna dapat pula berpindah aplikasi dengan lebih cepat

Adapun fiturnya beberapa mirip dengan Android 11 biasa. Misalnya ada Conversation Notifications untuk menampilkan kumpulan percakapan dari aplikasi di area notifikasi.

Sebagai keamanan, Android 11 Go memiliki fitur One Time Permissions, di mana user punya opsi agar aplikasi cuma bisa mengakses kamera, mikrofon, atau data lokasi sekali saja. Kemudian ada fitur auto reset, di mana permission sebuah aplikasi akan di-reset juga tak digunakan dalam jangka waktu tertentu.