Berbicara soal laptop kelas menengah yang bisa mendukung mobilitas tentunya harus memiliki bobot yang ringan dan tipis dengan ketahanan baterai yang cukup ideal. Dan salah satunya adalah Acer Aspire 5 Slim yang memiliki performa mumpuni berbekal prosesor Intel 13th Gen.  

Dibanderol dengan harga yang terbilang sangat kompetitif di kelasnya, kami berkesempatan mencoba laptop ini dan berikut adalah impresi awal dari Acer Aspire 5 Slim 2023.

Desain

Laptop ini menawarkan bodi yang cukup ringkas dan ringan dengan bobot di angka 1,5 kg. Dengan begitu, laptop ini tidak terlalu merepotkan ketika harus dibawa bepergian. Selain itu, menurut kami desainnya dari laptop ini juga secara keseluruhan cukup stylish dan tampak profesional. Meskipun keseluruhan materialnya body nya terbuat dari plastik, tapi laptop ini memiliki rancang bangun yang solid dan kokoh dengan build quality yang cukup baik.

Layar

Pada bagian layar, Acer Aspire 5 Slim hadir dengan ukuran layar 14 inci yang cukup ideal untuk laptop kelas menengah karena masih cukup nyaman untuk digunakan bekerja sehari-hari. Layar yang digunakan jenis IPS WUXGA dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang didukung fitur Acer ComfyView dan Bluelight Shield yang membuat nyaman mata dan cocok digunakan untuk bekerja dalam waktu lama.

Keyboard

Beralih pada desainnya keyboardnya, bagian palm restnya memiliki warna yang senada dengan back covernya. Secara kenyamanan, saat kami coba untuk mengetik, jarak antara key cukup renggang sehingga meningkatkan akurasi pengetikan.

Apalagi laptop ini juga sudah memiliki elevated hinge desain yang membuat bagian bawah bodi laptop akan terangkat untuk mobilitas yang optimal. Dengan hal tersebut juga laptop ini memiliki ruang ventilasi yang cukup untuk membuang suhu panas yang ada pada bagian bawah. Sedangkan untuk area touchpadnya cukup luas tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan kami cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse.

Konektivitas

Sebagai laptop ringkas yang mengedepankan mobilitas, laptop ini juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi Wi-Fi 6E yang membuat laptop ini tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Bluetooth 5.1 untuk berbagai aksesoris nirkabel biar bisa terhubung secara leluasa.

Sisi konektivitas, Sementara untuk ketersediaan port, Aspire 5 Slim 13th Gen mempunyai Headphone/speaker jack, 2x USB-A, Kengsinton Lock, dan HDMI.

Performa

Dari segi performa, Acer Aspire 5 Slim (A514-56 dan A515-58) ini dukung dengan prosesor 13th Generation Intel Core Processors yang dibuat dengan arsitektur hybrid terbaru. Pilihannya mulai dari Core i5-1335U hingga Core i7-1355 yang memiliki total 10 core (2P core + 8E core) dan 12 threads. Bagi yang menginginkan performa lebih tinggi, ada juga varian dengan prosesor Core i9-13900H yang memiliki 14 core (6P core + 8E core) dan 20 threads.

Agar hardware dapat bekerja secara optimal, Aspire 5 Slim 13th Gen mengadopsi sistem pendingin dengan desain desain air inlet keyboard yang memungkinkan aliran udara lebih baik 8-10%. Ada juga sistem dual fan (Acer TwinAir technology) yang tersedia pada varian 15 inci. 

Selain itu laptop besutan Acer ini telah didukung dengan RAM hingga 16 GB LPDDR5 dan penyimpanan berjenis SSD NVME Gen4 dengan kinerja cepat yang memiliki kapasitas 512 GB (dapat ditingkatkan hingga 1 TB SSD NVMe).

Baterai

Dengan desain yang semakin ramping, daya tahan laptop ini sangat mendukung untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Daya tahan yang di klaim hingga 11 jam ini (50 Wh), tentu membuat penggunanya nyaman digunakan di luar ruangan tanpa rasa khawatir baterai akan cepat habis.

Harga dan ketersediaan

Bagi anda yang tertarik dengan laptop teranyar Acer Aspire 5 Slim 13th Gen ini bisa anda miliki dengan harga mulai dari Rp9.999.000 untuk varian layar 14 inci dan prosesor Intel Core i5-1335U. Menariknya, konsumen dapat menikmati diskon sebesar 1 juta sehingga harganya hanya Rp8.999.000. Harga tersebut sudah termasuk sistem operasi Windows 11 Home dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021.

Spesifikasi Acer Aspire 5 Slim

Review UnitAspire 5 Slim 
OSWindows 11 Home
ProcessorIntel® CoreTM i5-1335U processor, 12 MB Smart Cache,10 core (2P Core + 8E Core), up to 4,6 GHz
Memory8 GB LPDDR5
Display14.0” IPS WUXGA with Acer ComfyView & BluelightShield
GraphicsIntel® Iris® Xe Graphics
AudioAcer PurifiedVoice™ technology with AI noise reduction in dual built-in microphones. Features include far-field pickup, dynamic noise reduction through neural network, adaptive beamforming, and pre-defined personal and conference call modes.
StorageSSD NVMe 512 GB 
Wireless and networking
  • Wi-Fi 6E
  • Support Bluetooth® 5.1
PortsTwo USB Type-CTM ports

Headphone/speaker jack

HDMI® 2.1 port with HDCP support

USB Type-CTM port supporting:

• USB4® 40Gbps

• ThunderboltTM 4

• USB charging 5 V; 3 A

• DC-in port 20 V; 65 W

Two USB 3.2 Gen 1 ports with one featuring power-off USB charging

WebcamHD Camera with Acer TNR
PriceStart from Rp 9.999.000