Review Acer Aspire 5 A514-54 : Laptop Ringkas Untuk Mobilitas Dengan Intel Gen 11 !

Acer kembali menghadirkan salah satu SKU dari seri Aspire 5 yang kali ini dibekali dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Tiger Lake. Walaupun hadir dengan prosesor teranyar, tapi hal yang cukup menarik dari laptop ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai informasi tambahan varian SKU yang kami bahas kali ini merupakan varian terendah dengan prosesor Core i3-1115G4.

Lantas bagaimana performa dari laptop ini, berikut adalah review Acer Aspire 5 A514-54-37JF selengkapnya !

Desain

Acer Aspire 5 generasi terbaru ini merupakan laptop dengan konsep mobilitas tinggi. Itulah kenapa laptop ini tetap hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobot nya hanya 1,45 kilogram dan ketebalannya hanya 1,79 cm membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, Acer bahkan juga menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Secara desain, menurut kami laptop ini cukup stylish dan tampak profesional. Meskipun materialnya body nya terbuat dari bahan plastik dan bagian cover menggunakan material aluminium dengan lapisan kesat, tapi laptop ini memiliki rancang bangun yang solid dan kokoh dengan build quality yang cukup baik. Selain itu, Laptop ini memiliki engsel yang bisa dibuka dengan mudah hanya dengan satu tangan, dan menurut kami kepraktisan ini karena Acer merancang bagian engselnya dengan baik.

Jika diperhatikan, saat laptop dibuka pada bagian hinge nya memungkinkan bodi bagian bawah laptop akan terangkat. Ketika dalam posisi ini tentunya akan membuat lebih nyaman saat mengetik, dan membuat sistem pendinginan berjalan lebih optimal karena adanya ruang di bawah bodi yang terangkat.

Layar 

Pada bagian layar, Acer Aspire 5 A514-54 hadir dengan layar 14 inci jenis panel IPS dengan LED backlight resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Layar tersebut didukung fitur Acer ComfyView yang memberikan kenyaman dan tidak membuat mata jadi cepat lelah. Dengan hal tersebut, tidak heran jika laptop ini cocok digunakan untuk bekerja dalam waktu lama.

Tingkat warna pada laptop ini memiliki sRGB 63%, NTSC 45%, Adobe RGB 47%, dan P3 47%. Dengan spesifikasi yang ditawarkan memang bukan yang paling baik, tapi selama pemakaian kami cukup merasa nyaman ketika sedang digunakan untuk menonton film ataupun bermain game kasual. Oiya, untuk refresh rate nya sendiri cukup standard yaitu 60 Hz.

Pindah kebagian bezel layar, kami harus akui laptop ini memang tidak setipis seri Acer Swift, tapi setidaknya bezel yang hadir di Aspire 5 ini lebih tipis dari generasi sebelumnya. Dibagian atas, tempat di mana posisi webcam berada sangat bisa dimaklumi desain bezelnya masih terbilang sedikit tebal.

Webcamnya masih menggunakan resolusi 720p dengan aspect ratio 16:9 dan frame rate 30 fps. Sedikit saran untuk pengguna yang sering conference call, untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya dilakukan di ruang cahaya yang sedikit lebih terang. Dengan ukuran layar 14 inci, laptop ini menurut kami cukup ideal di kelas nya, karena masih cukup nyaman untuk digunakan bekerja sehari-hari.

Keyboard

Pindah ke bagian keyboardnya, selama penggunaan keyboard laptop cukup nyaman digunakan buat mengetik, selain berkat hinge nya yang memungkinkan bodi bagian bawah laptop akan terangkat, tentu saja karena jarak antara key cukup renggang sehingga meningkatkan akurasi pengetikan. Sayang, keyboard ini belum dilengkapi dengan LED Backlight. Sedangkan di bagian atas, terdapat beberapa tombol yang berfungsi secara default tanpa harus repot menekan tombol ‘FN’.

Beralih ke area touchpad, ukurannya cukup luas tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan kami cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse. Hadirnya Precision Touchpad di laptop ini juga mendukung gerakan touchpad Windows 10, seperti swipe tiga jari ke atas untuk membuka antarmuka Task View yang memudahkan penggunaan untuk bekerja secara multitasking.

Konektivitas Lengkap

Soal kelengkapan konektivitasnya, Acer Aspire 5 Gen 11 ini hadir dengan beragam port. Di sisi kiri terdapat port DC-in, ethernet LAN, HDMI, dua USB 3.0 type A, dan 1 port  USB 3.0 type C. Sedangkan di sisi kanan terdapat kensington lock, port USB 2.0 type A, audio jack, dan dua led indikator untuk power dan baterai.

Sebagai laptop ringkas yang mengedepankan mobilitas, laptop ini juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dari Intel® Wi-Fi 6 AX201 membuat laptop ini tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Bluetooth® 5.1 untuk berbagai aksesoris nirkabel bisa terhubung secara leluasa.

Tidak hanya itu, Acer Aspire 5 dengan prosesor terbaru ini juga dilengkapi dengan Exo Amp Antena yang memiliki cakupan hingga 360 derajat. Dengan fitur ini memungkinkan sinyal jadi lebih cepat tertangkap oleh laptop ini. Sehingga sinyal wifi, Bluetooth dan lainnya tidak membutuhkan waktu lama untuk tersambung.

Performa Kencang

Dari segi performa, Acer Aspire 5 A514 ini dukung dengan prosesor Intel Core i3-11154G dual core [6 MB cache, up to 4,1 GHz] yang terbilang kencang di kelasnya dengan dukungan GPU bawaan Intel UHD Graphics. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, performa nya meningkat hingga 84% lebih baik.

Selama kami mencoba laptop ini, prosesor Intel Core i3 seri 1115G4 ini cukup menunjukan performa nya yang kencang untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa prosesor atau CPU, misalnya ketika browsing, pekerjaan multitasking, nonton film, hingga mengedit konten.

Laptop ini juga didukung dengan kapasitas RAM sebesar 4GB DDR4 dan storage yang  memang hanya dikasih satu tipe SSD saja dengan ukuran kecil, 128GB. Tapi untuk pengguna yang sekiranya menginginkan upgrade agar hasilnya lebih maksimal, Acer juga menyediakan slot tambahan untuk RAM dan Storage nya. Ada satu ruang kosong untuk slot HDD dan satu slot RAM kosong yang bisa ditambah sebesar 16 GB. Dengan begitu, performa laptop bisa lebih baik dan stabil.

Menariknya, Acer Aspire 5 terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 dan Microsoft Office Home and Student 2019 original berlisensi, jadi pengguna tidak perlu repot lagi membeli lisensi dan instalasi sistem operasi lagi.

Hasil Benchmark

Untuk pengetesan benchmark Acer Aspire 5 A514 dengan dengan prosesor Intel Core generasi ke-11 ini mendapatkan score “ 1240 “ menggunakan aplikasi Nova Bench. Selain itu hasil test menggunakan benchmark Cinebench R15. Dari pengujian, bisa kita lihat, jika Intel Core i3 seri 1115G4 di laptop ini meraih skor 500, yang lebih unggul sedikit jika dibandingkan dengan Intel Core i5 seri 3317U.

Sedangkan dari pengujian grafis OpenGL, performa laptop ini mendapatkan 48,03 fps. Selanjutnya hasil benchmark dari PCMark 10, laptop ini mendapatkan skor 3894 point.

Kualitas Audio Yang Lebih Baik

Sistem audio dari Acer Aspire 5 terbaru ini dibekali dengan fitur Acer True Harmony untuk memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik. Bagi pengguna yang suka, streaming film ataupun sekedar mendengarkan musik, kualitas audio yang dihasilkan dari laptop ini cukup memanjakan telinga. Kualitas suara bas nya cukup kuat dengan dua speaker yang terletak di bagian bawah kanan dan kiri. 

Daya Tahan Lebih Lama

Dengan desain yang semakin ringan, daya tahan laptop ini tentunya sangat mendukung untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Acer Aspire 5 dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar di kelasnya dengan 50 Whr yang diklaim bisa bertahan hingga di atas 10 jam.

Dengan hal tersebut,  tentu membuat penggunanya nyaman digunakan di luar ruangan tanpa halangan ataupun untuk dibawa berpergian. Selain itu, kabel listrik penghubung adaptor charger ke listrik juga mempunyai bentuk yang simple dan ringan dengan power 45 Watt.

Kesimpulan

Sebagai catatan, sejujur nya kami belum mendapatkan info terkait harga resmi dari SKU laptop ini, karena yang sudah tersedia dipasaran saat ini untuk varian core i5 dan core i7 nya.

Sebagai gambaran, untuk varian prosesor core i5 nya dibanderol mulai dari Rp. 9.899.000. Dan kemungkinan untuk harga varian core i3 nya nanti selisih harga Rp 1 juta hingga 2 jutaan. Tapi jika anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memilih varian yang lebih tinggi dengan prosesor Intel® Core™ i5-1135G7 (8M Cache, up to 4.20 GH) dengan kartu grafis Intel® Iris® Xe Graphics / Nvidia GeForce MX350 (2GB GDDR5 VRAM) tentunya memiliki performa yang lebih cepat.

Untuk anda yang memiliki budget terbatas dan menginginkan laptop ringkas yang mendukung mobilitas tinggi dengan prosesor terkini, perangkat yang satu ini wajib di lirik. Walaupun RAM nya onboard dan kapasitas storage nya tidak terlalu besar, tapi laptop ini sangat upgradeable untuk hasil yang lebih maksimal.