Huawei Luncurkan Sistem Operasi Terdistribusi Terbaru HarmonyOS

GadgetSquad.id – HarmonyOS akan segera tiba di jajaran perangkat Huawei saat perusahaan mengubah merek EMUI. OS baru ini akan memulai debutnya selama acara siaran langsung yang diadakan oleh Huawei pada 2 Juni pukul 8 malam waktu setempat di mana secara resmi akan mengumumkan sistem operasi baru itu. 

Sebagaimana dilaporkan GSM Arena, perusahaan memposting video teaser di media sosial Weibo-nya. Video menampilkan layar boot HarmonyOS yang menampilkan “Huawei” sebelum menampilkan logo “HarmonyOS”.

Catatan di akhir teaser mengatakan konferensi peluncuran akan mengumumkan HarmonyOS dan sebuah produk juga akan debut. Produk ini diharapkan menjadi Huawei MatePad2, yang kabarnya merupakan perangkat pertama yang mengeluarkan HarmonyOS. 

Huawei sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka menargetkan memiliki 300 juta perangkat yang menjalankan HarmonyOS pada akhir tahun ini. Dengan sepertiga di antaranya diharapkan merupakan perangkat baru yang datang dengan OS baru dari pabrik. 

Awal bulan ini, sebuah video yang membandingkan EMUI 11 berbasis Android milik Huawei saat ini dengan HarmonyOS secara berdampingan di perangkat yang berbeda. Sekilas, HarmonyOS secara visual mirip dengan EMUI 11 dan mungkin masih berbasis Android.

Laporan sebelumnya menyarankan perangkat Huawei dan Honor yang menggunakan EMUI 11 dan Magic UI 4 dapat beralih ke Harmony OS 2.0. Namun, beberapa sumber Cina mengklaim itu hanya untuk perangkat yang didukung Kirin, yang berarti ponsel dengan chipset Snapdragon atau MediaTek tidak akan memenuhi syarat. 

Unit Honor 9X yang menguji OS Huawei sendiri sudah menggunakan Beta 3.0, yang berarti pabrikan Cina akan kuat dengan pengembangan ekosistem in-house-nya. Paket perangkat lunak juga tersedia untuk perangkat P40, Mate 30 dan MatePad Pro, tapi hanya untuk unit Cina saat ini.