Xiaomi Redmi 9T

GadgetSquad.id – Xiaomi Mi 9 adalah smartphone andalan untuk paruh pertama tahun 2019. Hape model itu memulai debutnya dengan MIUI 10 yang berbassis sistem operasi Android 9.0 atau Pie. Itu kemudian diperbarui ke Android 10 dan MIUI 11 di tahun yang sama.

Kemudian, pada tahun 2020, perangkat tersebut menerima pembaruan MIUI 12 juga. Sekarang, perusahaan telah mulai meluncurkan pembaruan MIUI 12.5 untuk Mi 9 bersama dengan Android 11, demikian dilaporkan Gizmochina.

Xiaomi telah menyebarkan pembaruan MIUI 12.5 ke ponsel yang memenuhi syarat selama beberapa minggu terakhir. Pada saat yang sama, perusahaan juga telah meluncurkan pembaruan Android 11 untuk beberapa perangkat. 

Karenanya, pembaruan sistem terbaru untuk Xiaomi Mi 9 tidak hanya menghadirkan MIUI 12.5, tapi juga Android 11. Pembaruan ini saat ini tersedia di Cina dengan nomor build V12.5.3.0.RFACNXM dan patch keamanan April 2021. 

Seperti build MIUI publik yang baru dirilis lainnya, yang saat ini dalam fase Stable Beta. Artinya, ini sedang diluncurkan dalam beberapa kelompok. Oleh karena itu, pembaruan hanya tersedia untuk beberapa pengguna tertentu sekarang. 

Bagaimanapun, pembaruan MIUI 12.5 berbasis Android 11 untuk Xiaomi Mi 9 harus diunggulkan ke lebih banyak pengguna di Cina dalam beberapa hari mendatang. Demikian pula, varian internasional dari ponsel ini juga akan mendapatkan pembaruan ini dalam waktu dekat. 

Xiaomi Mi 9 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 855. Prosesor ini membawa dua core Kryo 485 dengan clockspeed 2.84GHz, dan tambahan dua core Kryo 485 pada kecepatan 2.42GHz. Lalu ada empat core Kryo 485 yang memiliki clock speed 1.8GHz yang digunakan untuk tugas ringan dan hemat energi. Pada bagian CPU menggunakan GPU Adreno 640 menawarkan peningkatan kinerja untuk gaming dan grafis.

Layar Xiaomi Mi 9 tersedia seluas 6.39 inci AMOLED FHD+ milik Samsung. Layar ini menggunakan waterdrop untuk menempatkan kamera depan. Xiaomi juga mengklaim hp ini memiliki mode Reading Mode 2.0 and Sunlight Mode 2.0. Panel ini memiliki lapisan Gorilla Glass 6 di atasnya, dan Xiaomi menawarkan sensor sidik jari dalam layar.