Huawei Dikabarkan Rilis Komputer Desktop Baru Akhir Bulan Ini

GagdgetSquad – Raksasa teknologi asal Cina Huawei, saat ini sedang mengerjakan strategi untuk menjaga bisnisnya tetap berjalan, dengan bersiap untuk meluncurkan perangkat baru akhir tahun ini. Produk tersebut diharapkan berupa komputer desktop.

Dilaporkan Gizmochina, 9 November 2020, berdasarkan laporan, komputer desktop yang akan datang dari Huawei akan ditenagai oleh chipset Kunpeng 920 miliknya sendiri. Bersama dengan prosesor grafis dari AMD, yang bocorannya terungkap adalah seri Radeon R7 430. 

Perangkat tersebut akan menampilkan layar berukuran 23,8 inci dan ditujukan untuk penggunaan bisnis. Namun, produk pastinya belum diketahui hingga saat ini.

Bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa perangkat kemungkinan akan mengemas RAM 8 GB DDR4-2666 dan penyimpanan SSD 256 GB. Merek asal Negeri Tirai Bambu itu juga diharapkan memiliki drive optik, keyboard, mouse, catu daya 180W, dan sistem operasi Kylin HUawei.

Chipset Huawei HiSilicon Kunpeng 920 dibuat menggunakan proses 7nm dan didasarkan pada arsitektur ARM yang diluncurkan pada 2019 lalu. Chipset ini menawarkan kinerja tinggi dan umumnya ditujukan untuk pembuatan aplikasi berbasis server yang lebih besar. 

Sebelumnya, Huawei juga hadir di kategori laptop dengan perangkat bermerek Huawei dan Honor, serta sekarang sedang mempertimbangkan untuk masuk ke kategori PC desktop dan monitor dalam beberapa waktu mendatang. Jika benar Huawei merilis komputer dekstop, maka akan menarik karena bersaing dengan HP dan Dell.