Ini Apps Anak-anak Paling Populer Di Masa Pandemi

GadgetSquad.id – Sebuah studi Kaspersky Safe Kids terbaru mengungkapkan apa yang diminati anak-anak selama tahun 2020-2021. Selama setahun terakhir, minat mereka tertuju dalam kategori perangkat lunak, audio dan video dan e-commerce, sementara media komunikasi internet dan permainan komputer sedikit menurun. TikTok, YouTube, dan WhatsApp berada di urutan teratas aplikasi paling populer di antara mereka. Pada saat yang sama, TikTok bahkan menyalip Instagram dengan tingkat popularitas hampir dua kali lipat.

Tahun 2020 ternyata menjadi salah satu tahun yang paling tidak biasa bagi anak-anak modern. Pandemi telah mengubah banyak situasi kehidupan umum di seluruh dunia, termasuk pendidikan, bertemu teman dan keluarga, rekreasi, dan hiburan. Kaspersky menganalisis data anonim, seperti riwayat pencarian, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang diperoleh secara sukarela oleh para pengguna Kaspersky Safe Kids, untuk mengeksplorasi bagaimana lanskap minat dan kebutuhan anak-anak di seluruh dunia di tengah kondisi pandemi.

Kategori situs web yang paling populer di kalangan anak-anak adalah perangkat lunak, audio, video (44,38%), media komunikasi internet (22,08%) dan permainan komputer (13,67%). Di antara aplikasi paling populer, YouTube memimpin dengan selisih yang lebar. Layanan ini tetap menjadi layanan streaming video paling populer di kalangan anak-anak di seluruh dunia. Di tempat kedua adalah messenger WhatsApp, dan ketiga adalah jejaring sosial populer TikTok. 10 teratas juga mencakup empat game: Brawl Stars, Roblox, Among US, dan Minecraft.

TikTok tetap menjadi pemimpin yang tak terkalahkan di antara anak-anak, tetapi pada saat yang sama, persepsi tentang jejaring sosial mulai berubah. Sekarang bukan lagi hanya jejaring sosial untuk klip dan sinkronisasi bibir, karena lebih banyak konten pendidikan dan kreatif mulai muncul di platform. Selain itu, untuk membuat video TikTok, satu orang harus melakukan pekerjaan operator, aktor, sutradara, dan seluruh kru film. Semua ini mengembangkan keterampilan yang tidak hanya berguna bagi anak-anak di masa depan, tetapi dapat mengarahkan mereka untuk memilihnya sebagai profesi.

Untuk video game, di antara yang paling populer di kalangan anak-anak termasuk Minecraft (22,84%), Fortnite (6,73%), Among Us (3,80%), Brawl Stars (6,34%) dan game Roblox yang sangat disukai (3,82%). Pada saat yang sama, game yang paling sering dimainkan dan berada di peringkat 10 besar untuk hampir semua negara adalah Roblox.

Baca Juga: Kaspersky Buka Kursus Gratis Anti Doxing

Untuk Indonesia, aplikasi yang paling populer di kalangan anak-anak di antaranya adalah Youtube (32,99%), disusul WhatsApp (21,47%) dan TikTok (10,18%). Fakta menarik juga bahwa aplikasi Tiktok kini mulai dilirik untuk digunakan sebagai platform metode pembelajaran kreatif di Indonesia.

Dari segi ketertarikan terhadap game, Roblox menempati urutan paling populer di kalangan anak-anak Indonesia dengan persentase 8,27% disusul Free Fire (5,75%) dan Mobile Legends: Bang Bang (2,91%).

Untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman online yang positif, Kaspersky menyarankan agar orang tua:

  • Pelajari lebih lanjut tentang minat anak-anak Anda.
  • Berselancar dan belajar bersama. Lihat di mana anak-anak menghabiskan waktu online dan jelajahi cara terbaik untuk menjaga mereka tetap aman.
  • Jelaskan bahwa informasi sensitif hanya boleh dibagikan melalui messenger dan hanya dengan orang yang mereka kenal di kehidupan nyata.
  • Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan diskusikan topik ini dengan anak Anda untuk menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut dan mengapa mereka membutuhkannya agar tetap aman saat online.
  • Luangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak tentang langkah-langkah keamanan online. Beri tahu anak-anak Anda apa yang tidak boleh dipublikasikan di internet dan mengapa, dalam keadaan apa pun.

Agar keluarga di Indonesia tetap terlindungi saat online, Kaspersky menyediakan voucher E-Gift Gratis untuk setiap pembelian produk Kaspersky termasuk Kaspersky Total Security dan Kaspersky Internet Security. Informasi tentang promo ini bisa dilihat di https://redemption.kasperskysea.com.my/kaspersky-safe-family-id.

Promo ini berlaku mulai 8 Mei hingga 14 Juli 2021, dan tersedia di Tokopedia, Lazada serta Shopee.