GadgetSquad.ID – #GoogleDown dan #YouTubeDown dua hastag tersebut sempat membuat heboh lini masa sosial media. Bahkan kedua hastag tersehut sempat menjadi trending di Twitter.

Sejatinya sepanjang tahun ini, sudah lebih dari satu kali, layanan populer tersebut mengalami gangguan. Lalu apa kali ini penyebab #GoogleDown dan #YouTubeDown kembali berkumandang.

Dilansir dari Cnet, Google mengungkap penyebab gangguan layanannya down secara global. Sang raksasa internet mengonfirmasi adanya gangguan yang berdampak pada Gmail, Youtube, hingga Google Search di berbagai negara.

Pemadaman layanan terjadi sejak pukul 3:47 pagi PT dan berlangsung sekitar 45 menit. Gangguan ini tidak disebabkan oleh serangan cyber melainkan masalah kuota penyimpanan internal. Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk mengalami tingkat kesalahan yang tinggi selama periode ini,” kata juru bicara Google.

Sebagai info insiden Google down membuat seluruh dunia kelabakan. Tak hanya bagi Google, tetapi para penggunanya secara global, mulai dari pekerja, pelajar dan pebisnis yang mengandalkan layanan Google terdampak gangguan ini.

Gangguan merata menimpa hampir semua layanan Google, mulai dari YouTube, Gmail, Play Store, Google Maps, Google Search, hingga Google Drive terpantau sulit diakses oleh sebagian netizen.