iPhone 12 Dirilis Besok: Face ID Lebih Cepat, Baterai Lebih Tahan Lama?

GadgetSquad – Akun Twitter @PineLeaks memberikan bocoran infomari mengenai iPhone 12 yang akan diluncurkan besok, Selasa, 13 Oktober 2020 di Amerika Serikat. Menurut akun tersebut, semua informasi penting tentang seri ini sudah terbuka untuk umum, salah satunya mengenai fitur keamanan Face ID dan daya tahan baterai.

sponsored

Mengutip Gizchina, Senin, 12 Oktober 2020, Apple masih berniat meluncurkan fungsi algoritma partisi dinamis, yang dapat membuat fitur Face ID lebih cepat. Karena ukuran iPhone 12 mini 5,4 inci yang lebih kecil, lebar notch akan berkurang, ini akan dicapai dengan mengatur komponen sistem kamera TrueDepth lebih “erat”, sehingga akan terjadi peningkatan.

Lebih jauh, bocoran baru menyebutkan semua model iPhone 12 akan hadir dengan kemampuan zoom digital yang jauh lebih baik. Apple akan mencapai kemampuan itu melalui peningkatan perangkat lunak, selain itu, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan memiliki zoom optik yang jauh lebih baik.

Apple juga dikabarkan akan memakai fungsi sejenis kamera makro. Aperture lensa ultra-wide pada model Pro mungkin bisa lebih mendekati subjek. Namun, hal ini diharapkan tidak menjadi fungsi utama. Ada juga spekulasi bahwa aperture lensa ultra-wide akan ditingkatkan hingga 35 persen untuk membuat kinerja kamera ketika minim cahaya lebih baik.

Sedangkan untuk baterai, PineLeaks percaya setidaknya akan memiliki satu jam peningkatan daya tahan baterai untuk model Pro. Baterai di semua iPhone yang akan datang setidaknya 10 persen lebih tinggi dalam hal ukuran. Namun, baterai iPhone 12 biasa (model 5,4 inci) akan berkinerja lebih buruk daripada iPhone 11. Ini mengingat masuknya 5G dan fitur lainnya.

Keempat model iPhone 12 mendukung 5G. Selain itu, tidak ada dari smartphone ini yang dilengkapi dengan earphone dan charger. Bagian layarnya semuanya memakai layar Super Retina XDR, dan menggunakan teknologi layar baru, Ceramic Shield Front Cover. Ini memiliki kaca substrat keramik, yang meningkatkan kekerasan dan ketahanan terhadap benturan.

Dalam hal fotografi, baik iPhone 12 Mini (5,4 inci) dan iPhone 12 (6,1 inci) akan menggunakan pengaturan kamera ganda. Keduanya juga akan mendukung mode Deep Fusion dan Night Scene. Untuk model Pro menggunakan pengaturan tiga kamera belakang (wide angle, ultra-wide angle, telefoto) plus LiDAR. Dan akan menggunakan lensa 7P baru, dengan telefoto yang memiliki panjang fokus 52mm.

Dalam acara peluncuran seri iPhone 12, Apple juga akan merilis produk lainnya, HomePod Mini dengan label harga US$ 99 (Rp 1,5 juta).