GadgetSquad.id – Pernahkah terbayang membuat foto seukuran papan reklame atau billboard berukuran besar hanya menggunakan kamera smartphone? Hal itu bukanlah sesuatu yang menjadi angan saja. Karena sudah dibuktikan dengan kehadiran OPPO Reno3 beberapa waktu lalu, atau tepatnya pada Maret 2020.

Saat itu jika melintas di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan terlihat iklan OPPO Reno3 terpampang di Gedung Veteran RI yang berhasil menjadi pusat perhatian. Menjelang peluncurannya dalam waktu dekat, OPPO unjuk gigi memamerkan hasil kamera 108 megapixel nya.

Generasi penerus dari seri Reno2 ini sebelumnya sudah diperkenalkan fitur-fiturnya, terutama pada kemampuan foto malam hari baik melalui kamera depan maupun kamera belakang, ultra-macro 3 cm dan yang paling menarik adalah kemampuan 108 megapixel ultra-clear image.

“Iklan luar ruang yang kami pasang pada Gedung Veteran RI adalah hasil foto dari perangkat Reno3 memanfaatkan fitur 108 megapixel ultra-clear image. Dua persona baru OPPO, Yoshi Sudarso dan Cinta Laura difoto menggunakan perangkat Reno3 oleh fotografer Ryan Tandya. Hasilnya sangat memuaskan. Ternyata OPPO Reno3 dapat memenuhi kebutuhan percetakan dalam ukuran yang sangat besar.” Ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, saat itu

Pengguna dapat menggunakan fitur 108 megapixel ultra-clear image yang dinamakan XHD dengan mengakses melalui Expert Mode. “Besaran file yang dihasilkan oleh mode XHD ini berkisar antara 20 – 25MB dan memiliki resolusi 9024 x 12032 sehingga menghasilkan 108 megapixel”, tambah Aryo.

OPPO Reno3 sendiri membawa 4 kamera utama pada bagian belakang, dimana salah satu kamera utamanya memiliki resolusi 48 megapixel. Melalui fitur XHD, Reno3 akan melakukan pengambilan beberapa gambar secara bersamaan, kemudian melakukan penyesuaian tiap layer gambar hingga satuan terkecil sub pixel untuk koreksi warna, ketajaman, pengurangan noise hingga melakukan penyesuaian dynamic range, gambar yang dihasilkan tidak hanya memiliki ukuran yang besar namun juga tajam, kaya warna dan detail yang terjaga.

 

OPPO Reno3 dibekali kamera 48MP Zoom Quadcam yang terdiri dari kamera utama 48MP Ultra-Clear, 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono. Reno3 dapat memenuhi kebutuhan fotografi melalui sudut pandang yang luas, normal, dan foto jarak jauh.

Kehadiran fitur 108MP Ultra Clear Image dapat menghadirkan foto yang tampil tajam dan tanpa kehilangan detail. Melalui kamera utama, Reno3 dapat merekam informasi sub-pixel dengan resolusi gambar yang sangat tinggi.  Ketika menggunakan fitur 108MP Ultra Clear Image, Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan.

Dengan Optical-Flow Sub-pixel Registration, kamera dapat mencocokkan dan mengkalibrasi sub-pixel pada frame yang berbeda untuk menghasilkan gambar asli dengan pixel yang rendah dengan lebih banyak informasi. Setelah itu, melalui Sub-pixel Interpolation, gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas.

Pada bagian depan, 44MP Ultra Night Selfie pada kameranya menghadirkan foto selfie berdefinisi tinggi untuk kondisi malam hari dengan detail tekstur wajah yang terjaga. OPPO pertama kalinya mengembangkan dan memperbaharui algoritma Ultra Night Mode pada kamera depan. Selain itu, OPPO juga memanfaatkan NPU dengan algoritma kecerdasan buatan baru untuk memberikan fitur Ultra Dark Mode yang akan aktif apabila kondisi pencahayaan rendah di bawah 1 lux.