Kamera Panasonic LUMIX GH5M2 Dirilis, Simak Spesifikasi dan Harganya

GadgetSquad.id – Panasonic mengumumkan versi terbaru dari kamera LUMIX GH5 yaitu GH5 Mark 2. Kamera ini merupakan peningkatan yang relatif sederhana dibandingkan pendahulunya, tapi jika dilihat hal lain yang diumumkan Panasonic hari ini akan menyadari bahwa itu hanya celah sementara. 

GH5M2 menampilkan serangkaian spesifikasi yang direvisi, sebagian besar karena peningkatan ke prosesor Venus Engine generasi terbaru. Kamera sekarang mampu merekam 4K 60p secara internal dalam 10-bit pada 4: 2: 0, yang merupakan peningkatan dari GH5 yang hanya dapat melakukan 8-bit secara internal.

GH5M2 juga dapat merekam secara bersamaan dalam 4K 60p dalam 10-bit 4: 2: 2 ke perekam eksternal. Kamera ini hadir dengan profil log Panasonic V-Log L yang telah diinstal sebelumnya, yang merupakan tambahan berbayar opsional pada GH5.

Dan memungkinkan pengguna mencocokkan warna kamera dengan kamera Panasonic lainnya menggunakan V-Log (S1 / S1H) atau V-Log L (GH5 / GH5S). GH5M2 juga menambahkan dua preset mirip Cinelike (D2 dan V2) bersama dengan MonochromeS dan L. ClassicNeo. 

Sensor Micro Four Thirds 20,3 MP hampir identik dengan yang ada di GH5. Sensor GH5M2 dilengkapi lapisan anti-reflektif, yang akan mengurangi jumlah flare di sekitar objek terang. 

Penggunaan prosesor yang lebih cepat telah memungkinkan beberapa peningkatan pada pemfokusan otomatis. Sementara GH5M2 masih menggunakan sistem DFD berbasis kontras yang sama, tidak lebih cepat untuk mengunci fokus dan 2x lebih cepat dalam mendeteksi mata dan wajah daripada GH5. 

GH5M2 juga memiliki fitur penstabil gambar dalam tubuh yang ditingkatkan dan mampu kecepatan rana lebih lambat 6,5-stop. GH5M2 menampilkan layar 3,0 inci yang lebih kecil dibandingkan dengan layar 3,5 inci pada GH5. Namun, layar baru ini memiliki resolusi 1840k dot yang lebih tinggi dan cerah di luar ruangan. 

Konektivitasnya tidak banyak berubah, tapi port microUSB telah dibuang untuk mendukung USB-C dengan pengisian USB-PD. Terakhir, GH5M2 mampu melakukan streaming langsung ke YouTube atau Facebook langsung melalui kamera. Yang dibutuhkan hanyalah kamera dan koneksi internet, baik melalui Wi-Fi rumah atau melalui koneksi data ponsel dan aplikasi Panasonic dan siap menggunakannya.

Selain dari dua layanan yang disebutkan di atas, pengguna juga dapat melakukan streaming ke layanan streaming lain yang kompatibel dengan protokol RTMP/ RTMPS dan streaming pada 1080p 60fps pada 16Mbps. Pembaruan di masa mendatang juga akan menambahkan streaming IP kabel (RTP/ RTSP). 

Selain itu, pada dasarnya ini adalah kamera yang sama dengan GH5. Yang bisa pengguna bedakan secara eksternal adalah beberapa aksen merah dan tombol F1 yang ditetapkan ulang. Namun, ini bukan hal yang buruk, karena GH5M2 diluncurkan dengan harga US$ 400 (Rp 5,7 juta) lebih rendah dari harga peluncuran GH5 dan mulai dari US$ 1.699 (Rp 24,7 juta).