Keamanan Privasi Ponsel Android 11 dan Oppo ColosOS 11

ColorOS android 11

GadgetSquad.id – Privasi ponsel cerdas telah menjadi topik besar di media pada tahun 2020. Ada banyak kekhawatiran tentang seberapa banyak data Anda yang bersifat pribadi, dan aplikasi mana yang memiliki akses ke informasi Anda.

Aplikasi media sosial dapat memiliki akses ke sejumlah besar informasi Anda. Lebih dari sebelumnya, pengguna menghargai privasi mereka dan ingin dapat memiliki kontrol lebih besar atas informasi apa yang mereka bagikan dengan jenis aplikasi ini.

Jelas merupakan hal yang positif untuk melihat orang-orang menjadi lebih sadar tentang data pribadi mereka. Sekarang pasar perlu beradaptasi untuk memenuhi harapan baru ini. Saat ini melindungi privasi Anda belum tentu sia-sia. Kemampuan untuk memantau dan meninjau informasi apa yang dikumpulkan aplikasi Anda adalah cara yang baik untuk memiliki kendali atas situasi ini.

Untuk waktu yang lama, aktivitas pengumpulan data ini telah berlangsung di latar belakang sistem Android Anda. Sekarang izin aplikasi lebih merupakan proses yang dipantau, dibandingkan dengan sesuatu yang terjadi secara terpisah di latar belakang. 

Dengan Android yang berjalan di lebih dari dua miliar perangkat, Google telah berdedikasi untuk meningkatkan privasi Android dengan setiap pembaruan baru. Mereka sebagian besar fokus pada penerapan ini melalui Play Store. Mereka mengambil sikap agresif untuk menghapus aplikasi berbahaya dari layanan. Di luar ini, masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. 

Karena privasi menjadi sesuatu yang lebih dihargai orang, OS Android perlu beradaptasi dan menyediakan alat yang lebih baik yang membuat pengguna memegang kendali. Langkah pertama ke arah yang benar datang dalam bentuk pembaruan Android 11. Pembaruan baru ini memperkenalkan fitur privasi baru untuk ponsel cerdas Anda.

Oppo memperluas ini dengan ColorOS 11 yang diumumkan pada pertengahan September tahun lalu. Melihat tren perangkat lunak, merek ponsel, termasuk Oppo menambahkan fitur keamanan dan privasi tambahan untuk Android. Sekarang kita akan melihat kemajuan ini lebih jauh lagi, karena mereka membangun di atas fitur privasi baru di Android 11. 

Android 11 sedang dalam tahap awal untuk didistribusikan ke ponsel di seluruh dunia. Pembaruan baru ini memiliki tampilan dan nuansa yang mirip dengan Android 10, dengan beberapa pembaruan terbesar datang dalam bentuk fitur privasi baru. Salah satu cara paling umum yang mungkin membahayakan privasi Anda adalah melalui izin aplikasi. 

Android 11 memperkenalkan izin aplikasi satu kali. Fitur ini akan memberikan akses aplikasi ke fitur tertentu. Jadi, jika Anda memiliki Facebook yang meminta untuk menggunakan lokasi Anda, Anda dapat menyetujuinya untuk satu kali saja. Saat berikutnya Anda membuka Facebook, Anda harus menyetujui data lokasi lagi, agar aplikasi dapat terus menggunakannya.

Jika Anda telah menyetujui aplikasi, dan aplikasi tersebut tidak digunakan untuk waktu yang lama, Android akan memicu fungsi reset otomatis izin yang baru. Ini akan membuat izin kedaluwarsa untuk aplikasi yang tidak digunakan. Pembaruan privasi baru ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa aplikasi tidak terus menarik data pribadi Anda di latar belakang secara tidak perlu. 

Anda juga dapat memberi tahu Android untuk hanya memberikan akses data ke aplikasi saat aplikasi sedang digunakan. Banyak aplikasi meminta akses ke hal-hal seperti pesan dan riwayat panggilan Anda. Batasi akses mereka untuk dibatasi saat Anda benar-benar menggunakan aplikasi. 

Sementara Android 11 adalah upaya yang solid untuk meningkatkan privasi, ColorOS 11 menunjukkan masih banyak yang dapat dilakukan di area ini. Oppo dapat terus membangun di atas Android untuk menawarkan fitur privasi penting ini. 

Setiap kali fitur baru diperkenalkan di Android, ini merupakan peluang baru bagi privasi Anda dalam bahaya. Ponsel juga harus belajar dari perusahaan seperti Oppo dan mulai menerapkan fitur privasi yang lebih baik untuk mengikuti perubahan dunia Android.