Kelebihan Meizu M6s Ini Mampu Saingi Hp Xiaomi Mi A1

Hp Xiaomi Mi A1

Banyak kelebihan Meizu M6s yang mampu menyaingin hp Xiaomi Mi A1

Meizu baru saja meluncurkan smartphone barunya Meizu M6S yang dibanderol 999 yuan atau di Tiongkok atau setara dengan Rp2 juta-an. Memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni Meizu M6s bisa jadi bakal menjadi penantang hp Xiaomi Mi A1.

Lalu bagaimana dengan pasar Indonesia? Meizu menyatakan bahwa smartphone ini bakal dipasarkan di Indonesia pada bulan maret mendatang. Dinegara asalnya sendiri , smartphone ini sudah dijual pada 20 Januari 2018. Lalu apa saja yang membuat Meizu M6s ini akan menantang M6s?

sponsored

Layar Full Screen

Dari sisi layar Meizu M6S memiliki layar yang kekinian dengan rasio layar 18:9. Tidak hanya itu ukurannya juga lebih besar dibandingkan hp Xiaomi Mi A1, dengan 5,7 inch.

Namun sayangnya dengan resolusi layar hanya 1.440 x 720 pixel, maka layar Meizu M6s tidak lebih baik yang dibandingkan hp Xiaomi Mi A1.

Bezel kanan kirinya sendiri terlihat tipis di mana sisi-sisinya terlapis kaca 2,5D. Namun sayangnya tidak dilapisi dengan layar kaca anti gores, seperti pada Xiaomi Mi A1 yang sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

Baca Juga: Xiaomi Mi A1 Dapat Fitur Fast Charging Setelah Update Android 8.0 Oreo

Prosesor Mumpuni

Dengan menggunakan chipet prosesor Exynos 7872 besutan Samsung. Maka dapur pacu Meizu M5s dibuat dengan pabrikasi 14 nm. Bahkan Meizu M6S menjadi smartphone ponsel pertama yang menggunakan Exynos jenis tersebut.

Prosesor Exynos ini memiliki 6 inti prosesor, dimana dua di antaranya adalah Cortex A73 2.0 GHz yang dipergunakan untuk performa. Sedangkan empat Cortex A53 1,6 GHz adalah untuk kinerja efisiensi daya. Prosesor ini dipadukan GPU Mali G71 dan RAM 3 GB.

Dilansir dari gizmochina, prosesor ini bahkan dikatakan bahwa prosesor Exynos 7872 mampu mengalahkan Snapdragon 625. Dimana rata-rata score AnTuTu yang didapatkan Meizu M6S adalah 88133. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus yang menggunakan Snapdragon 625 mendapatkan score 76192. Perlu diketahui bahwa prosesor yang digunakan Xiaomi Redmi 5 Plus sama dengan Xiaomi Mi A1.

Baca Juga: Xiaomi Mi A1 vs Moto G5s Plus vs Asus Zenfone 4 Max Pro

Sensor Kamera Samsung

Dari sisi kamera Meizu menjalin kerjasama Samsung untuk sensor kamera utamanya. Menggunakan resolusinya 16 megapixel dengan bukaan f/2.0 dan HDR. Berbeda dengan Xiaomi Mi A1 yang menggunakan kamera ganda beresolusi 12 megapiksel.

Untuk kamera selfie Meizu M6s menggnakan kamera 8 megapixel dengan aperture f/2.0, teknologi pintar untuk brightness wajah, serta mode adaptive beauty. Sehingga diklaim menghasilkan selfie optimal. Berbeda dengan Mi A1 yang hanya memiliki resolusi 5MP.

Sidik Jari Unik

Yang unik dari Meizu M6s adalah penempatan sidik jadinya, dimana Meizu M6s meletakkan panel ini pada sisi kanan bodi. Meizu mengklaim penempatan di lokasi itu lebih nyaman dalam penggunaan sehari-hari.

Sedangkan pada Mi A1 menempatkan sensor sidik jadi pada bagian belakang seperti smartphone lain yang ada dipasaran saat ini.

Tombol Navigasi MBack

Tombol navigasi pada Meizu M6S menggunakan user interface Flyme S. Yang menarik adari tombolnya adalah ada fitur Super MBack. Yakni tombol terletak di bagian lingkaran virtual di layar bawah. Lingkaran ini dibekali chip sensor tekanan dengan fungsi beragam. Saat pengguna menekan sedikit maka tombol ini berfungsi sebegai tombol back. Sedangkan saat ditekan lebih lama maka menuju home screen. Lalu saat men-swipe tombol ini akan membuka multi window.

Dengan harga mulai Rp2 Juta-an Meizu M6s bisa dibilang sangat siap untuk menandingi hp Xiaomi Mi A1. Jika memang benak akan dipasarkan di Indonesia, kemungkinan smartphone ini akan dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan Mi A1 yang kini dibanderol sekitar Rp3 Juta.