GadgetSquad.id – Hape Huawei P9 diluncurkan sebagai hape pertama dari Huawei yang merupakan kemitraan dengan Leica. Sejak flagship 2016 dirilis, kedua perusahaan telah bekerja sama pada beberapa ponsel Huawei lainnya yang telah menetapkan standar tinggi untuk fotografi ponsel.

Info baru mengatakan bahwa kemitraan akan berakhir tahun ini. Teme (@ RODENT950) telah mengungkapkan bahwa seri Huawei P50 yang akan datang akan menjadi proyek terakhir dengan branding perusahaan kamera asal Jerman itu. 

Dalam tweet terpisah, pembocor ulung juga menyebutkan bahwa kemitraan antara kedua perusahaan telah jatuh dari input perangkat lunak dan perangkat keras dari Leica menjadi hanya branding. Praktis tidak ada teknologi Leica di ponsel seri Huawei P50 yang akan datang dan yang didapatkan hanyalah tag line “Co-Engineered With Leica”.

Tag line itu sekarang hanya akan menunjukkan bahwa ponsel memiliki kamera yang mengesankan. Leica dikatakan sedang mencari perusahaan telepon baru untuk bermitra, tapi tampaknya sudah ditemukan.

Bocoran gambar 3D Sharp AQUOS R6 yang akan datang bocor minggu lalu menunjukkan bahwa ponsel tersebut memiliki tag line “Co-Engineered With Leica”, yang mengonfirmasi bahwa Leica dan Sharp telah menjalin kemitraan yang berkelanjutan. Namun, masih harus dilihat apakah ini jangka panjang atau satu kali. 

Tidak mengherankan jika Huawei dan Leica berpisah. Bisnis ponsel Huawei sudah dalam kondisi hidup sebagai akibat dari larangan Amerika Serikat. Itu juga menjadi pukulan terburuk dengan kekurangan chip yang sedang berlangsung. Jadi dengan jajaran produk yang menipis, tidak ada gunanya kemitraan dipertahankan.