GadgetSquad.ID – Pernah mengalami situasi dimana isi laptop diintip, padahal kamu sedang beraktivitas menggunakan komputer jinjing tersebut? Jika iya, hal itu sangat menyebalkan.

Kondisi tersebut menjadi inspirasi Lenovo, menghadirkan laptop baru yang diklaim anti intip. Ada tiga produk baru yang sudah disiapkan Lenovo, yakni seri Thinkpad T490, Thinkpad T490s, dan Thinkpad X390.

Ketiga laptop tersebut, diperkirakan akan tersedia pada Agustus mendatang di Indonesia.

Technical Manager Lenovo Indonesia, Azis Wonosari, mengutarakan, fitur anti intip tersebut bernama Thinkpad Privacy Guard. “Namanya Thinkpad Privacy Guard. Fitur ini akan hadir di beberapa seri Thinkpad mainstream tahun ini,” katanya.

Lebih lanjut diterangkan, Thinkpad Privacy Guard punya cara kerja yang hampir sama dengan panel tradisional dari Privacy Screen Protector.

Bedanya, sistem anti intip ala Lenovo ini tertanam langsung di dalam perangkat, tanpa harus repot menggunakan panel pelindung tambahan lagi.

Untuk menggunakannya, tinggal tekan Fn + F12. Bisa juga secara otomatis apabila ada sensor kamera mendeteksi ada orang lain yang melihat laptop pengguna,” jelas Azis.
Bedanya, fitur ini tidak mengharuskan pengguna menggunakan panel pelindung tambahan lagi, karena fitur tersebut sudah disematkan pada layar laptop