Keren!! Oppo Sudah Mulai Bersiap Menuju Era 6G!!!

GadgetSquad.ID – Saat negeri ini perlahan menikmati koneksi 5G, Oppo justru sudah mulai bersiap menyapa era 6G. Bahkan untuk membuktikan keseriusan Oppo menuju generasi 6G, pabrikan asal Cina ini sudah menyiapkan White Paper Rencana Pengembangan Teknologi 6G dan Prospek Masa Depan Komunikasi

Yup, Oppo sudah menyiapkan “6G AI-Cube Intelligent Networking” yang merupakan white paper rencana pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Sebagai salah satu pelopor teknologi yang percaya pada kemampuan AI terhadap pembangunan jaringan 6G, white paper ini akan membahas visi yang lebih rinci mengenai rancangan jaringan komunikasi di masa depan.

Chief Creative Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen mengatakan, pihaknya meyakini bahwa teknologi 6G akan mengubah cara orang berinteraksi dengan AI dan memanfaatkannya sebagai teknologi yang dapat digunakan oleh semua orang.

“Dengan penerapan teknologi 6G, perangkat cerdas akan menggunakan AI untuk mengunduh dan menerapkan algoritma dalam menjalankan berbagai fungsi sehingga menghadirkan pengalaman baru yang lebih luas bagi para pengguna. Dalam waktu yang bersamaan, AI juga akan mengumpulkan data untuk pengembangan AI model yang berkelanjutan.”

Sementara itu, Henry Tang, OPPO Chief 5G Scientist, mengatakan, perkembangan teknologi haruslah berorientasi pada masa depan. Teknologi mobile communication telah berkembang cukup pesat selama satu dekade terakhir.

Penerapan teknologi komunikasi yang super cangih seperti ini diharapkan akan dimulai pada tahun 2025, dan penerapannya secara komersial diperkirakan akan dimulai pada tahun 2035.

“Melihat ke depan hingga tahun 2035, OPPO mengharapkan jumlah perangkat yang memanfaatkan teknologi AI di dunia ini akan jauh melebihi jumlah populasi manusia. Oleh karena itu, teknologi 6G sebagai teknologi komunikasi masa depan harus mampu memenuhi kebutuhan manusia dan mendukung fungsi AI lainnya. Dengan tujuan ini, kami telah melakukan studi teknis awal dan rancangan desain sistem.”

White paper ini juga memperkenalkan AI Function Plane sebagai dimensi baru dalam jaringan 6G yang dapat diterapkan bersamaan dengan fungsi CP dan UP untuk membentuk Intelligent Cube (AI-Cube).

Arsitektur unik yang disempurnakan dengan AI ini akan mampu meningkatkan fungsionalitas dan kemampuan jaringan 6G sehingga dapat secara otomatis mengoptimalkan diri, bekerja secara otonom dan dinamis, serta mendistribusikan resources secara cerdas.

Teknologi 6G akan mengubah cara AI bekerja, belajar, berinteraksi, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari serta mampu menghadirkan solusi atas masalah yang dihadapi dalam pengembangan AI seperti data silo dan keamanan privasi pengguna.

Untuk mengatasi sejumlah keterbatasan algoritma AI saat ini, white paper ini mengusulkan sumber daya AI agar dibagi ke dalam domain yang berbeda-beda. Penempatan AI sesuai dengan tugasnya, penerapan multiple nodes, dan resources dalam jaringan 6G merupakan langkah jitu untuk membentuk domain AI dengan strategi alokasi model AI optimal dan akurat, memungkinkan resource scheduling, dan data sharing

Kedepannya, Oppo akan terus melakukan pra-penelitian terkait teknologi 6G yang akan membantu pembentukan standar 6G secara global dalam waktu dekat.

Sebagai kontributor utama dalam mempopulerkan 5G, OPPO juga akan terus bekerja sama dengan mitranya untuk mempromosikan dan mengomersialisasi teknologi 5G dalam skala besar, memimpin pengembangan Internet of Experience melalui evolusi teknologi komunikasi untuk memberikan manfaat bagi semua masyarakat.