GadgetSquad.ID – Jauh sebelum ada pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, gaung Revolusi Industri 4.0, begitu terdengar keras. Revolusi Industri 4.0, yang banyak dikaitkan dengan perkembangan teknologi, juga mulai terjadi di Indonesia.

Tren teknologi otomasi dan Internet of Things (IoT) merupakan indikator utama sedang berlangsungnya Revolusi Industri 4.0. Kondisi tersebut dipahami betul oleh Samsung.

Merujuk pada kondisi di atas, Samsung Electronics Indonesia, menggelar program Samsung Innovation Campus (SIC) di beberapa SMA dan SMK, sebagai bagian dari kegiatan Corporate Citizenship.

Program SIC sendiri sejatinya sudah berlangsung sejak Januari lalu dengan memberikan pelatihan Coding & Programming yang terdiri dari Scratch 1, 2 & 3, Rurple, C-Programming, Arduino dan Algorithm Problem Solving Basic kepada para sekolah mitra.

Menariknya, walau pandemi melanda Indonesia, SIC tetap berjalan lancar. Nah, sebagai indikator pencapaian atas apa yang telah diberikan, Samsung pun menggelar acara puncak SIC Project Competition 2020, yang menampilkan kreasi proyek dari para murid sekolah yang menjadi mitra pelaksanaan SIC.

Risman Adnan, Direktur Manajemen R&D Samsung Indonesia, juga menyampaikan, program tantangan ini bakal membentuk keahlian bagi pelajar SMA dan SMK agar semakin siap hadapi era Industri 4.0.

“Kami menaruh perhatian besar pada peningkatan kualitas pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan di era tersebut. SIC merupakan sebuah program global yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kemampuan beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi. Program ini merupakan program berkelanjutan, ke depannya Samsung menargetkan untuk bermitra dengan lebih banyak lagi sekolah di Indonesia,” terangnya lagi.

Setelah melalui proses seleksi didapat empat peserta SIC Project Competition 2020 yang bertarung di putaran final.

Mereka adalah warga SMKN 1 Geger, Madiun yang menghadirkan proyek berjudul Smart Hydroponic Technology (SAHYT). SMK Al Huda, Kediri dengan proyek Sistem Pengairan Otomatis (Smart Irrigation System) Berbasis Arduino

Sementara pelajar dari BINUS SCHOOL Simprug, Jakarta memperkenalkan proyek 2D Platformers Arcade Game, dan BINUS SCHOOL Serpong, Tangerang memamerkan proyek Automatic Dispenser For Hand Sanitizers.

Setelah dilakukan proses penjurian yang ketat, SMKN 1 Geger, Madiun yang menampilkan proyek Smart Hydroponic Technology (SAHYT) berhasil menjadi juara di ajang SIC Project Competition 2020. Masing-masing anggota tim, lengkap bersama pembimbingnya, menerima hadiah berupa Samsung Galaxy A71.

Sementara juara favorit disabet SMK Al Huda, Kediri dengan proyek Sistem Pengairan Otomatis. Di kategori ini pemenang berhak mendapatkan hadiah Samsung Galaxy A21s juga kepada setiap anggota team dan guru pembimbing.