GadgetSquad.ID – Buat pelanggan XL Axiata yang harus menyeberangi lautan dengan kapal feri, saat pergi maupun pulang mudik, dari kampung halaman, jangan takut akan akses telekomunikasi yang terhambat.

XL Axiata memastikan sinyal lancar di sepanjang jalur mudik. Untuk pemudik dengan transportasi laut, XL Axiata memperkuat di tiga jalur penyeberangan yang ramai, yakni Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, dan Padang Bai-Lembar.

I Gede Darmayusa, Direktur & chief Technology Officer XL Axiata, menuturkan, selama berada di kapal penyeberangan, pelanggan XL, bisa mendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data.

“Segala fasilitas dan penguatan jaringan yang dilakukan mampu mendukung penyediaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas untuk mereka yang mudik,” tegas Gede.

Hal yang dilakukan XL Axiata untuk memastikan sinyal internet antara lain adalah menambah kapasitas baru, upgrade teknologi, dan new site.

Berdasarkan data XL Axiata, saat di laut, kecepatan akses internet bisa mencapai hingga 95 Mbps.

Sementara sebelum ada penguatan, pelanggan cenderung mengalami kesulitan akses internet saat kapal sudah di tengah laut karena semakin jauh dari BTS yang melayani.

Sekadar informasi, sepanjang tahun, ada jutaan penumpang yang menyeberangi tiga jalur penyeberangan yang ramai.

Mulai dari Merak – Bakauheni sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera, serta Ketapang – Gilimanuk sejauh sekitar 3 mil laut dengan waktu tempuh sekira 1 jam yang menghubungkan Jawa dengan Bali.

Sementara itu, jalur Padang Bai – Lembar sejauh 38 mil laut dengan waktu tempuh sekira 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.

Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut ini sekaligus melengkapi kesiapan jaringan XL Axiata dalam menghadapi momen libur panjang Lebaran yang sudah mulai bergulir akhir pekan ini.

Bagi operator seluler seperti XL Axiata, penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran