GadgetSquad.ID -Telkomsel kembali memberikan bukti nyata untuk konsisten mengembangkan industri berbasis digital di Tanah Air. Kali ini kontribusi nyata Telkomsel itu diwujudkan dengan kembali menggelar, ajang Telkomsel Innovation Center (Tinc)

Tinc menjadi salah satu cara Telkomsel agar bisa menjangkau para inovator lokal di seluruh Indonesia. Pertama kali digelar pada tahun 2018, dianggap konsisten dalam membuka akses untuk para inovator yang bisa diajak berkolaborasi.

Gelaran Tinc tahun ini sudah dibuka sampai Batch ke-5, dan Telkomsel tetap konsisten mencari para inovator lokal untuk berkolaborasi dan mengakselerasi solusinya ke pasar yang lebih besar.

Andi Kristanto, Corporate Strategy Telkomsel, menjelaskan, jika Tinc adalah salah satu dari program corporate accelerator yang dikembangkan Telkomsel.

“Semenjak diselenggarakan, Tinc konsisten menjadi sarana inkubasi yang mampu mendampingi para inovator lokal untuk menghasilkan dan mengembangkan solusi digital terhadap berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat,” beber Andi Kristanto dalam jumpa pers virtual.

“Pada Tinc Batch 5 2020, kami menargetkan untuk bisa berkolaborasi denganpara innovator local melalui beragam solusi digital dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai programcorporate accelerator dari Telkomsel, Tinc konsisten menjadi sarana inkubasi yang mampu mendampingi para inovator lokal untuk menghasilkan dan mengembangkan solusi digital terhadap berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut pun sejalan dengan semangat Telkomsel dalam memaknai usia ke-25 dengan memperkuat kolaborasi, termasuk bersama inovator, untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.”

Lebih lanjut dipaparkan, sejak awal digulirkan, Tinc secara khusus dihadirkan Telkomsel sejalan dengan transformasi Telkomsel sebagai leading digital telco company, bersama dengan pilar inovasi digital lainnya yaitu The NextDev dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Ketiga pilar inovasi digital ini ditujukan sebagai platform yang dapat menjadi penyokong ekosistem digital Indonesia.

Tahun ini, program Tinc berfokus pada pengembangan inovasi di bidang internet of things (IoT), machine learning, artificial intelligence, teknologi periklanan, financial technology (fintech), dan solusi berbasis digital lainnya sebagai penunjang penguatan ekosistem digital dalam setiap fase kehidupan masyarakat.

Untuk tahap pendaftaran, program Tinc Batch 5 secara resmi telah dibuka sejak 15 Juni 2020. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, kali ini Telkomsel berinovasi dengan menghadirkan Tinc Unique Values yang memberikan tiga manfaat lebih bagi peserta, yaitu Market Access, Go To Market and Sales Channels, serta Innovation Lab (Testing Lab IoT dan 5G, Sandboxing Platform, serta Development Kit).

Tinc Unique Values akan memperkuat proses pengembangan inovasi di dalam Tinc yang terdiri dari dua tahap, yaitu inkubasi (prototyping, proof of concept) dan akselerasi (piloting, commercial), dengan pelaksanaan yang berlangsung selama 3 sampai 12 bulan.

Sebagai info terkait startup, Telkomsel sebenarnya punya beberapa program lain seperti The NextDev, Tinc, dan TMI. Namun ketiganya punya proses yang berbeda, di mana The Nextdev berfokus sebagai talent scouting dan social impact, Tinc sebagai wadah untuk berakselerasi dan berkomersialisasi bersama Telkomsel, dan TMI berfokus pada strategic investment.