GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 yang belum menunjukan tanda-tanda akan mereda dalam waktu dekat, seakan mengetuk jiwa sosial berbagai pihak di Tanah Air, tidak terkecuali para wakil rakyat untuk saling bantu meringankan beban hidup kepada mereka yang terdampak wabah Corona.

Ya, anggota dewan yang selama sering dikritik lantaran tidak terlihat kontribusinya, melakukan inisiasi untuk bisa lebih berperan dalam menanggani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kali ini langkah anggota dewan tersebut diwujudkan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), lewat sebuah program donasi ‘MPR RI Peduli Lawan COVID-19’.

Dalam program tersebut, MPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng Telkomsel, Gojek, dan Kitabisa untuk mengadakan penggalangan dana bagi para mitra driver, mitra merchant UMKM, dan mitra lainnya di ekosistem Gojek yang terdampak.

Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, langkah yang di MPR RI kali ini, adalah dalam kerangka menggugah solidaritas serta semangat gotong royong kebangsaan

“MPR RI menyadari bahwa keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 dan dampak-dampaknya memerlukan komitmen dan kerja bersama seluruh komponen bangsa. Karena itu, MPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak seluruh komponen bangsa dapat menerapkan dan meneladankan rasa solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa untuk saling peduli dalam melewati masa-masa sulit menghadapi pandemi COVID-19 ini.”

Sementara itu, Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir mengatakan, jika Telkomsel sebagai connectivity enabler berupaya untuk menghubungkan masyarakat dengan menyediakan jaringan berkualitas dan kemudahan akses telekomunikasi, termasuk bagi mereka yang terdampak langsung oleh pandemi Covid-19, seperti para pekerja informal harian.

“Oleh karenanya, Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama MPR RI, BPIP, Kitabisa dan Gojek dalam memperkuat sikap gotong royong antar lini. Semoga upaya kolektif ini bisa membantu pihak terdampak untuk dapat terus melangkah menghadapi tantangan di masa sulit seperti sekarang.”

Pada kesempatan yang sama, CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, sebagai platform penggalangan dana, akan mendukung semua pihak yang ingin melakukan kebaikan.

“Inisiasi MPR RI dan BPIP bekerjasama dengan Telkomsel dan Gojek tentu akan membantu masyarakat, khususnya para pekerja informal melewati krisis ini. Pandemi ini  bisa dilawan dengan dukungan dan kerjasama banyak pihak.”

Sebagai inisiator MPR RI Lawan COVID-19, Ketua MPR RI akan mendonasikan gajinya selama tiga bulan ke laman galang dana Kitabisa.

Pelanggan Telkomsel dapat memberikan donasi melalui menu akses UMB *811#, dengan pilihan denominasi 5.000 hingga 25.000 dari deposit prabayar (pulsa) atau pembebanan tagihan pascabayar pelanggan Telkomsel.

Selain itu, masyarakat juga bisa berdonasi melalui layanan GoGive yang mudah diakses oleh pengguna di aplikasi Gojek, yang menawarkan opsi donasi mulai dari Rp1.000.