GadgetSquad.ID – Percepatan digitalisasi mendorong peran data center menjadi semakin esensial sebagai infrastruktur. Karenanya tak heran bisnis pengadaan data center, nampak begitu sexi bagi para pelaku bisnis.

Terlebih lagi Indonesia yang menjadi hotspot pasar
data center di Asia Tenggara, sehingga menyedot perhatian berbagai kalangan untuk turut
mendirikan data center di Tanah Air.

Peluang tersebut direpon Telkomsigma dengan merintis data center berbasis cloud. Sejauh ini sepak terjang Telkomsigma tak bisa dianggap remeh.

Dalam prosesnya, seperti pepatah “Usaha memang tidak mengkhianati hasil”, kerja keras Telkomsigma semakin diakui berbagai kalangan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang diraih Telkomsigma.

Teranyar, Telkomsigma meraih penghargaan “The Best in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori Data Center dalam ajang Corporate Image Award 2021.

Perolehan Corporate Image Award 2021 pada kategori data center semakin menegaskan peran serta Telkomsigma, sebagai penyedia unggul data center karena telah memenuhi berbagai kriteria penting dari data center selain dari aspek operasionalnya.

Sebagaimana disampaikan Tanto Suratno, Direktur Business & Sales Telkomsigma, jika dalam memilih data center, penting untuk memastikan track record dari provider dengan melihat aspek expertise dan experience-nya.

“Akan lebih baik jika provider (data center) didukung oleh praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional”, ujar Tanto.

Per tahun 2021, Telkomsigma terus menjaga komitmen operasi layanan data center-nya melalui pembaruan sertifikasi data center, yang salah satunya adalah dengan melakukan perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga 2024.

Selain itu, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai pemain data center di Indonesia, Telkomsigma menawarkan kapabilitas layanan data center secara end-to-end mulai dari colocation, cross connect, remote & smart hand, managed operation, hingga tersedianya layanan consulting dan construction yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang ingin membangun data center.

Tekomsigma saat ini tengah memegang tata kelola bagi 18 internet data center TelkomGroup (neuCentriX) dan juga 3 enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Per 2021, lebih dari 300 pelanggan segmen enterprise, pemerintahan, startup, dan termasuk 60% diantaranya sektor perbankan dan finansial berada dalam cakupan operasional data center
Telkomsigma.

Angka tersebut belum termasuk penambahan berbagai proyek yang sedang berjalan seiring dengan demand pusat data yang terus meningkat.

“Peraihan Corporate Image Award selain menjadi apresiasi, tentu menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen dalam menjalankan standar operasi data center secara best practice, serta terus menguatkan visi kami sebagai mitra transformasi digital pilihan di Indonesia melalui pilar bisnis kami dalam IT Services, Cloud, Data Center dan Digital Services”, pungkas Tanto.