GadgetSquad.id – Dompet Dhuafa hari ini meluncurkan DD Apps di platform Android dan IOS (20/02/24). Aplikasi Dompet Dhuafa ini memiliki fitur-fitur baru dari yang sebelumnya pernah dikembangkan pada kurun waktu 2011.

Melalui DD Apps masyarakat dapat berdonasi, berzakat, sedekah, memanfaatkan fitur ibadah hingga memantau laporan publik dari kinerja Dompet Dhuafa hanya lewat smartphone.

“Kehadiran DD Apps melengkapi perjalanan inovasi teknologi di Dompet Dhuafa. Aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan saja, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat. Karena di Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana semata, tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan, tentu transparansi pelaporan penggunaan dana, turut kami sajikan di DD Apps. Keterlibatan masyarakat untuk menjadi relawan dan menikmati sajian liputan berupa artikel dan video juga kami tanamkan di aplikasi ini,” jelas Etika Setiawanti selaku Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa di acara Gathering Jurnalis Tekno #MUDAHJADIBAIK.

Di sisi lain, Adi Kurniawan selaku Senior Officer Penghimpunan Digital mengatakan, “Aplikasi Dompet Dhuafa atau DD Apps menyediakan dua fitur utama, yakni Donasi dan Ibadah. Pada fitur Donasi, kita dapat menyalurkan dana kebaikan yang tidak hanya mencakup infak, tetapi juga sedekah, zakat, wakaf, dana khusus untuk kemanusiaan hingga mambayar atau mencicil hewan kurban. Sedangkan untuk fitur Ibadah, DD Apps menyediakan Jadwal Salat, Al-Qur’an digital yang dilengkapi dengan audio, Kalkulator Zakat untuk menghitung berapa zakat yang wajib dikeluarkan, Jemput Zakat agar Anda tidak perlu pergi ke luar rumah hingga menu Tanya Ustaz yang akan terhubung langsung untuk berkonsultasi seputar agama, khususnya Ziswaf”.

Baca Juga: Bayar Zakat di Dompet Dhuafa Bisa Pakai Dana di Hape, Ini Caranya!

“Tak berhenti sampai di situ, DD Apps juga menyediakan fitur lainnya, seperti Laporan Publik Dompet Dhuafa yang dapat diakses oleh seluruh donatur. Untuk mengikuti aktivitas di Dompet Dhuafa, DD Apps dilengkapi fitur pendaftaran Care Visit bagi para donatur yang ingin terjun langsung ke program-program pemberdayaan dan fitur pendaftaran untuk menjadi bagian dari Gerakan kebaikan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). Ada pula fitur Berita Terbaru yang akan menginformasikan seluruh kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa. Pada Aplikasi Dompet Dhuafa masyarakat juga dapat memilih bantuan kemudahan dalam berdonasi, seperti layanan jemput zakat, penghitungan zakat dengan kalkulator zakat hingga konsultasi ziswaf,” tambah Adi.

Sementara Martin Adiyono selaku Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara mengutarakan, DD Apps merupakan proses transformasi digital, awalnya donasi dihimpun secara manual maupun dengan aplikasi pihak ketiga, Dompet Dhuafa memiliki ide, tujuan nya bisa donasi langsung, serta tercepat dalam notifikasi kepara donatur. DD Apps ini memiliki keamanan fitur, karena sebelum pada saat log in ada beberapa langkah yang harus diisi termasuk penggunaan kode OTP”.

Proses pembayaran donasi di DD Apps pun sangat mudah, yakni bisa dilakukan melalui transfer di mobile banking atau ATM, Virtual Account, hingga e-wallet seperti DANA, OVO, GoPay.

Sekadar info, Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang telah eksis selama 30 tahun dan berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Dompet Dhuafa memiliki lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.