GadgetSquad.ID – Tulisan ini dibuat bukan untuk membandingkan, namun hanya sekedar berbagi pengalaman, setelah mengulik kemampuan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Yup, di tengah keseruan ajang Tecnocamp yang dihelat Forum Wartawan Teknologi (Forwat). Penulis tergelitik untuk mencoba lebih jauh, kemampuam Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dalam mengabadikan momen, khususnya dikondisi minim cahaya.

Kebetulan dalam ajang Tecnocamp yang digelar Forwat, penulis diberikan berbagai tips untuk membuat konten.

Termasuk, bagaimana memaksimalkan perangkat yang dimiliki, agar bisa mewujudkan berbagai ide “liar” dalam sebuah konten, baik tulisan maupun gambar.

Nah kembali ke Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Diplot sebagai salah satu hape tercanggih yang baru saja dirilis Samsung di Indonesia. Varian Galaxy S23 Ultra 5G memang dibekali sederet amunisi kelas wahid.

Fitur imaging, terutama kemampuan Nightography, menjadi salah satu daya tarik utama Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Sejatinya penulis bukanlah seorang yang handal dalam dunia fotografi, tapi bukannya tidak bisa mengambil foto secara baik. Minimal foto yang dihasilkan penulis, bisa memenuhi standar jurnalistik hehehe.

Nah bekal pengalaman foto yang sedikit, jujur membuat penulis sedikit ragu dengan kualitas kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, khususnya saat dimaksimalkan untuk foto malam atau istilah kerennya “Nightography’.

Apalagi selama ini penulis lebih sering menggunakan kamera DSLR yang cukup ribet digunakan.

Walau ribet digunakan, apalagi untuk nightography, namun hasil bidikan kamera DSLR tak perlu diragukan lagi.

Lalu apakah Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, bisa menjawab semua keraguan penulis, khususnya soal nightography?

Dari hasil eksplorasi, keraguan penulis soal kemampuan nightography Samsung Galaxy S23 Ultra 5G hilang. Hape terbaru Samsung itu punya kemampuan fotografi malam yang bisa dihandalkan.

Bahkan jika kamu pintar, memaksimalkan berbagai fitur di sektor imaging. Hasil bidikan malam Galaxy S23 Ultra 5G, bisa dikatakan sebelas dua belas dengan kamera profesional.

Agar hasil foto malam jadi lebih dramatis, bisa mengaktifkan Expert RAW di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Pengaturan kamera yang advanced di Expert RAW bisa dimaksimalkan untuk mengasah kreativitas dalam mengambil foto malam hari, salah satunya dengan teknik long-exposure.

Untuk memotret dengan teknik long-exposure, kita bisa pilih ISO sesuai kondisi low light yang dihadapi. Jika kondisinya semakin gelap, maka kita bisa pilih ISO yang semakin besar.

Lalu, atur shutter speed yang lebih tinggi untuk membuat kamera terbuka lebih lama untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Tekni di atas juga biasa penulis gunakan, jika mengambil foto malam menggunakan kamera DSLR. Itu artinya fitur pro di Galaxy S23 Ultra 5G, sudah begitu lengkap.

Fitur lain di kamera Galaxy S23 Ultra 5G yang bisa dieksplorasi untuk menghasilkan nightography nan epic, yakni menu Astrophoto

Gunakan fitur Astrophoto untuk mendapatkan foto langit penuh bintang yang epic dengan lebih praktis. Dalam Astrophoto terdapat menu Sky Guide, yang bisa memandu kita menemukan lokasi rasi bintang dan kelompok bintang dengan komposisi terbaik.

Secara umum menu Nightography di Galaxy S23 ultra 5G, mampu menyingkirkan berbagai kekhawatiran saat memotret di kondisi low light.

Tapi apakah bisa melebih atau menggantikan kamera konvensional?

Dari sudut pandang penulis yang cupu soal fotografi, teknologi kamera yang tersemat di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Hasil fotonya baik kondisi cahaya normal maupun minim sudah sebanding dengan kamera DSLR.

Bahkan bukan tidak mungkin sudah melebihi kamera DSLR konvensional. Ditambah lagi kamera hape seperti di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, begitu mudah digunakan.

Hanya saja, ada berapa hal dari kamera DSLR konvensional, yang menurut penulis sulit digantikan oleh kecanggihan kamera hape.

Sensasi kala mengengam kamera konvensional, kemudian bagaimana melatih naluri membidik objek dari lubang viewfinder hingga menghasilkan foto berkualitas, sampai keribetan seting kamera, semua itu menjadi kenikmatan tersendiri yang sulit digantikan sebuah kamera hape.

Tidak kecuali kamera canggih yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Jika boleh disamakan, secanggih apapun kualitas home theater yang kamu miliki, tidak akan bisa menyamai sensasi saat menonton bioskop.

Jadi lebih enak mana kamera hape atau konvensional? Keduanya saling melengkapi, tinggal tergantung “Man behing the gun”.

Hasil foto malam Samsung Galaxy S23 Ultra 5G :