GadgetSquad.ID – Jakarta dan sebagian Jawa mengalami pemadaman listrik serentak. Imbas dari pemadaman tersebut, ikut menyebabkan layanan komunikasi terganggu.

Terkait kondisi tersebut semua operator terus melakukan cek data terhadap kondisi jaringan di seluruh wilayah terdampak pemadaman listrik hari ini.

Berikut update terbaru layanan operator imbas dari pemadaman listrik di Jakarta dan sebagian besar pulau Jawa.

XL Axiata
Setelah melakukan cek data terhadap kondisi jaringan di seluruh wilayah terdampak pemadaman listrik hari ini, 4 Agustus 2019, mulai sekitar pukul 12.00 WIB tadi, hingga saat ini kondisi jaringan XL Axiata adalah sbb:

– Secara umum, sampai dengan saat ini hanya sekitar 20% jaringan XL Axiata di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas jaringan. Penurunan kualitas yang dimaksud terutama berupa berkurangnya kecepatan dan kestabilan akses internet, serta akses voice. Tidak setiap pelanggan mengalami penurunan kualitas layanan meskipun di lokasi tempatnya berada mengalami pemadaman listrik.

– Area Jawa Timur sekitar 1% jaringan XL Axiata yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas akses internet dan voice.

– Antisipasi yang telah dilakukan oleh tim teknis XL Axiata dalam menghadapi kondisi darurat seperti ini telah berhasil meminimalisir dampak buruk pada layanan. Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyediaan baterai cadangan dan genset dalam jumlah yang memadai, serta rekaya pengaturan trafik jaringan.

– Hingga saat ini pemulihan kondisi jaringan terus dilakukan tanpa menunggu pulihnya pasokan listrik. Hasilnya, semakin berkurang jaringan yang terdampak. Kami berharap pasokan listrik dapat segera kembali normal.

Indosat Ooredoo
Sehubungan dengan gangguan pasokan listrik di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, 10% jaringan Indosat Ooredoo terkena dampak. Dan ini berimbas pada menurunnya kualitas layanan.

Saat ini tim teknikal kami di lapangan sedang melakukan pemulihan agar pelanggan dapat menikmati kembali layanan kami.

Kami akan terus memonitor jaringan kami agar normal kembali sesegera mungkin. Oleh karena itu kami memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Semoga kondisi ini akan segera pulih.

Update

Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo saat ini telah kembali normal melayani seluruh pelanggan. Sebelumnya jaringan Indosat Ooredoo mengalami kendala sehubungan gangguan pasokan listrik di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim teknikal kami di lapangan terus menerus bekerja untuk memastikan kondisi jaringan tetap normal untuk menjaga kualitas layanan bagi pelanggan.

(Turina Farouk, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo)