GadgetSquad.ID – Ingin tahu gadget atau hape baru apa saja yang besar kemungkinan, segera rilis di Indonesia? Caranya gampang sob, pantengin aja laman Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) milik Kementerian Perindustrian.

Dari laman tersebut akan diketahui, produk apa saja yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN. Adapun sertifikat TKDN, merupakan salah satu syarat merilis produk baru di Indonesia.

Terbaru, dari pantauan GadgetSquad di laman P3DN nampak ada dua hape yang sudah mendapat sertifikat TKDN. Kedua hape itu punya kode SM-F946B dan SM-F731B yang didaftarkan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia.

Ponsel dengan kode SM-F946B adalah Samsung Galaxy Z Fold 5 yang memiliki nilai TKDN 35,50%. Sedangkan ponsel dengan kode SM-F731B adalah Galaxy Z Flip 5 dengan nilai TKDN 35,40%.

Wah berarti kedua hape lipat Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 segera rilis di Indonesia?

Sabar bro, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 masih harus melewati satu langkah lagi sebelum resmi dirilis di Indonesia.

Kedua ponsel ini masih harus mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan lolos uji di Ditjen SDPPI.

Lalu kapan kedua hape lipat Samsung itu rilis di Indonesia? Sejauh ini belum ada bocorannya.

Sebagai info, Samsung akan merilis Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 dalam event Galaxy Unpacked pada akhir Juli mendatang.

Selain ponsel layar lipat terbarunya, event ini juga diprediksi akan menjadi tempat kelahiran Galaxy Tab S9 series, Galaxy Watch 6 series, dan Galaxy Buds 3.