GadgetSquad.id – Telkomsel mengumumkan telah menyelesaikan proses peningkatan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia.

Upgrade 4G LTE Telkomsel_5 (1)

Proses yang dimulai pada Maret 2022 lalu, secara bertahap telah dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE. Kini lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Dengan telah dirampungkannya peningkatan/pengalihan (upgrade) di seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY).

Baca juga : Pelanggan Telkomsel yang Loyal Diberi Bonus Lewat Program ‘Telkomsel Prestige’

Seluruh peningkatan tersebut tak terlepas dari rangkaian inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan kemudahan bagi seluruh pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan, serta memberikan beragam penawaran program dan produk menarik, mulai dari promo tambahan kuota data 4G/LTE hingga program bundling smartphone 4G yang lebih terjangkau.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, “Telkomsel optimis, melalui upaya peningkatan layanan jaringan tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, sehingga dapat membuka berbagai potensi kemajuan di berbagai aspek kehidupan yang merata dan setara hingga pelosok negeri.”

Telkomsel juga terus mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan Machine-to-Machine (M2M), seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan percepatan migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel.