GadgetSquad.id – Anak perusahaan Telkom, yaitu Melon Indonesia, kini berganti nama menjadi Nuon Digital Indonesia (Nuon). “Bisa dikatakan Nuon itu berasal dari kata Nu Melon atau Melom yang baru” ujar CEO Nuon, Aris Sudewo.

Melon Indonesia Berubah Jadi Nuon, Makin Serius Garap Industri Hiburan (1)

Nuon merupakan perusahaan yang bergerak di bidang digital lifestyle & entertainment. Sebagai bagian dari Telkom Group, Nuon  berkomitmen untuk menjajaki bisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produknya di industri hiburan.

Strategi Noun

Langkah-langkah strategis yang akan dilakukan pada tahun 2024 antara lain melakukan penambahan fitur-fitur baru pada platform dan layanan digital serta ekspansi bisnis yang berkelanjutan.

Aris Sudewo, menyampaikan Nuon terus berupaya menyajikan layanan-layanan hiburan digital berkualitas dan menjaga daya saing di tengah perubahan pasar yang dinamis. Noun saat ini memiliki tiga portofolio bisnis yaitu Digital Games, Digital Musik, dan Digital Lifestyle.

  • Digital Games

Untuk industri game, anak perusahaan Telkom ini turut serta dalam memajukan industri gim lokal dengan bekerjasama dengan beberapa pengembang gim nasional dengan membawa karya-karya pengembang gim nasional ke pasar internasional.

Baca juga : Bikin Bisnis Pelanggan Lebih “Gacor” Telkomsel x Google, Kembangkan Layanan RCS

Melalui gim hasil publishing Nuon Games yaitu Paw Rumble, Nuon memperkuat kehadirannya di panggung global dengan meraih dua penghargaan prestisius, yaitu Google Play Best of 2023 kategori “Best Made in Indonesia” dan “Best Mobile Games” dari Indonesia Game Awards saat perhelatan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) tahun 2023. 

CEO Nuon, Aris Sudewo
  • Digital Musik

Nuon pada tahun 2023 juga tetap konsisten dalam pengembangan industri kreatif, khususnya pada bidang musik melalui layanan “Nada Sambung Pribadi”, agregator musik indie “Langitku”, dan streaming musik “Langit Musik” yang hingga saat ini telah mencapai 17 juta pengguna.

Melalui layanan Langit Musik, anak perusahaan Telkom ini percaya bahwa karya cipta anak bangsa tetap harus menjadi juara di tanah air dengan contoh nyata yaitu dengan menggelar ajang bergengsi Indonesian Music Awards 2023 untuk yang ketiga kalinya bersama RCTI. Ajang tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada musisi tanah air yang telah sukses melahirkan 14 juara dari berbagai kategori dengan total vote mencapai 10 juta.

 

  • Digital Lifestyle

Di bidang perfilman yang masuk dalam kategori lifestyle, Nuon berkolaborasi bersama Produksi Film Negara (PFN) dan Kemenparekraf untuk membangun Indonesia Film Facilitation (IFFa), platform yang memudahkan para pelaku industri perfilman Indonesia dalam proses produksi secara online.

Sepanjang tahun 2023, Nuon melalui tiketapasaja.com (ticketing management platform) juga berhasil bekerja sama dengan lebih dari 23 promotor untuk menyelenggarakan 68 event nasional dan internasional dimana pada sejumlah event tersebut, lebih dari 190 ribu tiket terjual, dengan rekor 6,5 juta concurrent hits