GadgetSquad – Ponsel Android sekarang dapat memberi tahu Anda ketika mereka mendeteksi suara tertentu, yang dapat memberi tahu orang-orang teman tuli (tunarungu) atau kesulitan mendengar suara penting di sekitar. Jika mengaktifkan fitur, yang disebut Notifikasi Suara itu, pengguna dapat meminta ponsel Android Anda memberi tahu tentang beberapa suara melalui notifikasi push, flash dari lampu kamera, atau dengan membuat ponsel Anda bergetar.

Dikutip The Verge, Kamis, 8 Oktober 2020, perangkat lain juga mendukung Notifikasi Suara, termasuk perangkat Wear OS, yang dapat mengirimkan Notifikasi Suara melalui notifikasi teks dengan getaran. Dan menurut Google, mereka bekerja sepenuhnya secara offline.

Google mengatakan Pemberitahuan Suara dapat mendengarkan kurang lebih sepuluh suara berbeda, diantaranya adalah alarm asap dan kebakaran, sirene, berteriak, suara bayi, bel pintu berdering, ketukan, anjing menggonggong, bunyi alat, air mengalir, dan telepon rumah berdering.

Notifikasi Suara sudah diinstal di ponsel Pixel dan ponsel Android lainnya, serta dapat diaktifkan dari menu aksesibilitas di setelan atau pengaturan, menurut Google. Anda juga bisa mendapatkan fitur ini dengan mengunduh aplikasi Transkripsi Instan Google, yang dapat mentranskripsikan audio yang didengar secara real time.

Selain itu, Google juga menambahkan fitur eksperimental yang mirip dengan Notifikasi Suara ke Pixel Buds pada Agustus lalu. Notifikasi itu dapat secara otomatis menurunkan volume headphone saat mendeteksi suara tangisan bayi, gonggongan anjing, atau sirene kendaraan darurat.