GadgetSquad.ID – Dipenghujung 2023 sempat dihebohkan dengan aksi artis Baim Wong yang ingin menjual iPad murah. Baim yang juga dikenal sebagai konten kreator ternama ini, menjual iPad hanya Rp 1 juta saja.

“Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Enggak. Saya kasih harga murah Rp 1 juta,” kata Baim Wong dalam akun resmi media sosialnya.

Netizen ramai merespon postingan tersebut. Rata-rata warganet mempertanyakan soal keaslian iPad tersebut, berapa lama tablet Apple ini dapat dipakai, hingga memberitahukan perangkat ini adalah barang refurbished.

Setelah ditelusuri, tablet yang dijual Baim adalah iPad Air 2 WiFi Only. iPad ini pertama kali rilis 9 tahun lalu, tepatnya pada 24 Oktober 2014.

Terlepas dari pro kontra yang ada, jika berniat membeli tablet murah atau iPad lawas tersebut, ada beberapa hal yang patut diketahui.

Berikut ini adalah beberapa risiko ketika pengguna membeli gadget generasi lawas seperti iPad Air 2, sebagaimana dirangkum dari Gadgetgone.com.

1. Gak kebagian update iPad OS
Risiko pertama membeli iPad lawas adalah tak bisa menikmati dan merasakan beragam fitur di sistem operasi (OS) iPadOS versi terbaru. iPad Air 2 sendiri hanya mendukung versi iPadOS hingga iPadOS 15 saja.

2. Potensi virus dan malware
Biasanya, pembaruan OS juga membawa peningkatan sistem keamanan, termasuk untuk iPad. Nah, apabila memiliki gadget lawas seperti iPad Air 2 yang mentok di iPadOS 15, maka perangkat akan lebih rentan kena virus dan malware yang tak terpantau Apple.

3. Penyimpanan terbatas
Biasanya, gadget lawas memiliki kapasitas media penyimpanan (storage) yang kecil. iPad Air 2 paling murah memiliki varian storage terendah 16 GB. Bisa saat ini 16 GB merupakan kapasitas storage yang minim. Sebab, sudah banyak perangkat saat ini yang kapasitas storage terkecilnya 64 GB.

4. Semakin lambat
Masih terkait dengan storage. Biasanya semakin penuh kapasitas storage maka performa perangkat akan semakin lambat. Pengguna tak bisa memasang banyak aplikasi di iPad Air 2 mereka yang hanya memiliki storage 16 GB.

Apabila storage penuh, maka pengguna akan tidak nyaman karena performa akan sedikit lambat. Selain itu, pengguna juga tak bisa menyimpan file baru, seperti foto atau video, karena kapasitas media penyimpanan sudah penuh.

5. Baterai tidak prima
Selain performa, sudah menjadi hal yang biasa bahwa perangkat lawas akan memiliki pengurangan performa baterai. Dengan kata lain, sebuah perangkat Apple mungkin saja hanya bisa diisi dayanya secara penuh mentok di status baterai 80-90 persen (tidak 100 persen).

Beberapa resiko di atas patut kamu ketahui. Namun perlu dicatat, resiko di atas juga berlaku jika ingin memberi gadget lawas, di luar iPad murah Baim Wong.

Baca Juga : Baru! Tablet Huawei MatePad Pro 13.2, Dapat Bonus 5,7 Juta

Tapi hal lain yang perlu kamu ketahui,
tidak semua gadget lawas, memiliki masalah. Ada gadget lawas yang memang terawat dan masih dalam kondisi prima, asalkan kamu pintar-pintar memilih.