GadgetSquad.id – OPPO berhasil mengaplikasikan koneksi internet generasi ke-5 atau 5G pada smartphone-nya untuk pertama kalinya. Brain Shen, VP OPPO Global dan presiden departemen bisnis OPPO Tiongkok, menyampaikan hal tersebut di Sina Weibo yang merupakan salah satu platform media sosial paling populer di Tiongkok.

Dalam penelitian dan pengembangan 5 G, OPPO sekali lagi berhasil menjadi pionir dalam pengaplikasian jaringan 5 G yang rencananya akan dikomersialkan termasuk dengan perangkat yang mendukung jaringan ini pada tahun depan.

OPPO VP Brain menjelaskan pada akun Weibonya bagaimana OPPO membuat koneksi 5 G ini berhasil dengan menggunakan OPPO R15 sebagai perangkat terminal dengan jaringan 5G. Perangkat terminal ini dikembangkan dengan berbasis OPPO R15 dengan kustomisasi komponen jaringan 5 G yang terintegrasi termasuk pada system board, RF, RFFE antena. Jika dilhat pada gambar, bagian kanan atas terminal ini sudah mengindikasikan logo jaringan 5 G.

Baca juga : Tes Kamera OPPO A3s, Harga Murah Begini Hasilnya!

Sebagai pionir jaringan 5G, OPPO berkomitmen untuk memberikan kontribusinya dalam menetapkan standar jaringan 5G dan juga pengembangan produk serta komersialiasi jaringan. Brain mengatakan bahwa OPPO akan menjadi merek pertama yang akan merilis smartphone komersial 5G ini pada tahun 2019. Ini kali kedua keberhasilan OPPO dalam pengembangan dan kontribusi terhadap jaringan 5G.

Sebelumnya, pada Mei 2018 yang lalu, OPPO juga mengumumkan keberhasilannya terhadap implementasi panggilan video 5G pertama kalinya di dunia dengan mendemonstrasikan menggunakan teknologi 3D Structured Light melalui perangkat OPPO R11s yang dikustomisasi.

Baca juga : Menguji Daya Tahan Baterai Hp OPPO A3s, Dipakai Seharian Tanpa Powerbank

OPPO sendiri sudah memulai berpartisipasi dalam proyek penetapan standarisasi 5 G sejak 2015 lalu.  Selain melakukan pengembangan melalui OPPO Research Institute yang berpusat di Shenzhen, OPPO juga melakukan kerjasama dengan Qualcomm dalam pengembangan teknologi 5 G ini.