GadgetSquad.id – Google telah mengumumkan sistem operasi (OS) Android 12 dan raksasa teknologi itu diperkirakan akan meluncurkan versi stabil yang sama sekitar bulan ini. Produsen smartphone diharapkan untuk meluncurkan OS mobile kustom mereka berdasarkan versi terbaru dari OS Android. 

Sejalan dengan itu, Oppo juga bersiap untuk meluncurkan ColorOS 1. Dan perusahaan yang berbasis di Cina itu telah mengkonfirmasi bahwa versi terbaru dari ColorOS akan secara resmi diluncurkan di Cina antara pertengahan hingga akhir September. 

Oppo belum secara resmi mengungkapkan tanggal peluncuran pasti untuk ColorOS 12, tapi mengingat bahwa ini sudah minggu kedua bulan ini dan ada beberapa peluncuran besar yang dijadwalkan berlangsung pada pertengahan September. Perusahaan kemungkinan akan mengungkap versi terbaru dari hamparan Android kustomnya menjelang akhir September. 

Sebelum Oppo mengumumkan ColorOS 12, versi stabil dari sistem operasi seluler Android terbaru, Android 12, akan diluncurkan oleh Google. Oppo telah meluncurkan ColorOS 11 segera setelah Android 11 stable built diumumkan dan diharapkan hal yang sama akan berlanjut tahun ini juga. 

Perangkat lunak Oppo baru dikatakan datang dengan fitur baru yang disebut ‘Interkoneksi Lintas Layar’, yang mirip dengan Kolaborasi Multi-Layar Huawei. Perusahaan juga diperkirakan akan mengadopsi beberapa fitur baru dari skin Android Cina, termasuk MIUI dari Xiaomi, Flyme dari Meizu, Smartisan OS, dan HydrogenOS. 

Mengingat OnePlus dan realme sebenarnya menjadi bagian dari Oppo, ColorOS 12 juga akan masuk ke ponsel mereka. Ponsel OnePlus di Cina akan menjalankan ColorOS sementara model global akan terus menjalankan OxygenOS. Adapun reame UI, itu hanya versi ColorOS yang di-tweak. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang fitur baru yang ditambahkan Oppo ke antarmuka pengguna khusus untuk sistem operasi Android dan kapan ColorOS 12 akan mulai diluncurkan ke perangkat yang kompatibel, masih harus menunggu acara peluncuran resmi akhir bulan ini.