Oppo ColorOS 12 Dijadwalkan Dirilis pada 16 September

GadgetSquad.id – Oppo ColorOS siap untuk mencapai versi 12 dan sekarang perusahaan secara resmi mengkonfirmasi bahwa itu akan diperkenalkan pada 16 September di Cina. Versi terbaru dari OS Oppo akan berbasis Android 12 dan beta untuk seri Find X3 diharapkan akan diluncurkan pada tanggal yang sama.

Menurut laporan dari GSM Arena, versi stabilnya diperkirakan akan tiba sekitar bulan Oktober tahun ini. Debut ColorOS 12 akan diikuti oleh beberapa peluncuran produk baru Oppo termasuk ponsel, tablet, dan jam tangan pintar.

Berdasarkan spekulasi yang beredar Oppo akan debut seri Reno7 dan Oppo Watch Free, sementara tablet masih diselimuti misteri. ColorOS 12 diharapkan menghadirkan desain visual yang lebih segar, jendela mengambang bebas, kartu tampilan cepat, perlindungan privasi yang ditingkatkan, dan banyak lagi.

Sebelum Oppo mengumumkan ColorOS 12, versi stabil dari sistem operasi seluler Android terbaru, Android 12, akan diluncurkan oleh Google. Oppo telah meluncurkan ColorOS 11 segera setelah Android 11 stable built diumumkan dan diharapkan hal yang sama akan berlanjut tahun ini juga. 

Perangkat lunak Oppo baru dikatakan datang dengan fitur baru yang disebut ‘Interkoneksi Lintas Layar’, yang mirip dengan Kolaborasi Multi-Layar Huawei. Perusahaan juga diperkirakan akan mengadopsi beberapa fitur baru dari skin Android Cina, termasuk MIUI dari Xiaomi, Flyme dari Meizu, Smartisan OS, dan HydrogenOS. 

Mengingat OnePlus dan realme sebenarnya menjadi bagian dari Oppo, ColorOS 12 juga akan masuk ke ponsel mereka. Ponsel OnePlus di Cina akan menjalankan ColorOS sementara model global akan terus menjalankan OxygenOS. Adapun reame UI, itu hanya versi ColorOS yang di-tweak.