GadgetSquad.id – Media Cina, beberapa hari yang lalu, mengumumkan bahwa nehgaranya berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa pertamanya bernama Tainwen-1 di Mars. Merayakan hal tersebut, karena Cina menjadi jajaran penjelajahan luar angkasa sebagai negara kedua yang berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa di Mars, Opo telah mengumumkan Find X3 Pro Mars Exploration Edition. 

Sebagaimana dilaporkan Gizmochinam, Find X3 Pro Mars Exploration Edition mengadopsi beberapa fitur desain yang mencerminkan eksplorasi Mars. Di bagian belakang, perangkat tersebut bertuliskan ‘Mars 2021 and Utopia Planitia—yang merupakan situs pendaratan Tainwen-1 di planet itu. 

Model baru ini juga hadir dalam rona abu-abu baru yang terlihat cukup keren dan dikatakan terinspirasi dari luar angkasa. Panel kaca di bagian belakang terbuat dari kaca AG berkabut tinggi dengan kilau metalik untuk menciptakan tekstur material dari luar angkasa.

Dengan opsi warna baru ini, Find X3 Pro Mars Exploration Edition sekarang tersedia dalam lima pekerjaan cat yang berbeda. Yang sudah ada termasuk warna Biru, Putih, Hitam Gloss, dan Cosmic Mocha. Kotak ritel model baru ini juga dibuat cukup unik.

Fitur lain yang membedakan dari Find X3 Mars Exploration Edition adalah ia mengadopsi tiga filter warna Mars yang mengubah foto yang diambil agar terlihat seperti sesuatu yang diambil di Mars. Namun, di sisi perangkat lunak, ponsel ini dirancang dengan tema Mars yang disesuaikan dan wallpaper dinamis berubah warna untuk mencerminkan waktu yang berubah dari pagi hingga malam di Planet Merah. 

Terlepas dari perubahan desain dan software yang unik tersebut, Find X30 Mars Edition memiliki spesifikasi yang sama dengan model biasa. Sebagai pengingat, hape ini mengemas layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi QHD + dan dukungan refresh rate 120Hz.

Hape ini didukung oleh chipset Snapdragon 888, chip unggalan dari Qualcomm. Ponsel ini hadir dalam satu-satunya RAM 16 GB dan opsi penyimpanan 512 GB. Yang membuat lampu tetap menyala adalah baterai 4.500 mAh dengan kabel 65W dan pengisian nirkabel 30W. 

Sedangkan untuk harga dan ketersediaan, OPPO Find X3 Pro Mars Exploration Edition saat ini dijual di Cina seharga 6.999 yuan (Rp 15,5 juta).