GadgetSquad.id – Oppo baru-baru ini mendapatkan paten untuk teknologi baru yang dapat digunakan di perangkat wearable masa depan. Perusahaan telah mematenkan teknologi pembuka kunci vena, yang kemungkinan merupakan bentuk sistem keamanan biometrik. 

Teknologi baru ini memiliki nomor paten CN110298944B dan menjelaskan “Metode Pembukaan Vena dan Perangkat Pembuka Vena.” Oppo telah mengajukan paten ini pada tahun 2019, yang baru saja diberikan. Sesuai deskripsi, patennya adalah untuk teknologi pembuka kunci vena.

Dengan kata lain, sistem biometrik mirip dengan pengenalan wajah atau pemindaian sidik jari, tapi yang memetakan pembuluh darah di tangan pengguna. Khususnya, teknologi ini juga sangat mirip dengan sistem Hand ID dari LG, yang memetakan ketebalan dan karakteristik pembuluh darah pengguna untuk membuka kunci. 

Jadi, kita dapat mengharapkan sistem untuk memetakan dan merekam ketebalan vena untuk memverifikasi identitas dan mengotorisasi akses. Sementara detail yang lebih baik dari teknologi ini saat ini tidak diketahui, sistem yang dipatenkan berpotensi memiliki sejumlah aplikasi di berbagai produk elektronik dari raksasa teknologi Cina.

Hal ini terutama berlaku untuk produk wearable perusahaan seperti smart band atau jam tangan pintar. Sayangnya, tidak jelas apakah perusahaan benar-benar mengerjakan sistem seperti itu sekarang atau hanya mencakup semua basis.