GadgetSquad.id – Xiaomi secara resmi meluncurkan dudukan pengisian daya atau charger nirkabel baru model 100W, yang hampir identik dengan unit 80W yang dirilis tahun lalu. Model ini hadir dengan desain yang lebih baru, dan memungkinkan untuk menempatkan perangkat baik secara vertikal maupun horizontal.

Satu-satunya perbedaan fisik yang nyata adalah bahwa model MDY-13-EL 100W yang lebih baru hadir dalam warna hitam dengan aksen warna emas. Sedangkan MDY-13-ED 80W yang lebih lama tersedia dalam warna putih dengan aksen perak, demikian dilaporkan GSM Arena.

Kedua perangkat itu tampaknya sangat mirip di bagian dalam, karena model baru masih didasarkan pada teknologi pengisian Qi standar. Dan juga masih memiliki desain kumparan ganda, kipas dinamis yang hanya menyala saat dibutuhkan, bahkan dilengkapi pengisi daya Xiaomi 120W yang sama dan kabel USB 6A di dalam kotak.

Dalam hal fitur, model yang lebih baru menambahkan lapisan perlindungan kalibrasi arus tambahan, sambil mempertahankan arus berlebih, tegangan berlebih, suhu berlebih, perlindungan elektrostatik, dan deteksi benda asing dari model sebelumnya. 

Jadi model yang ditingkatkan itu dijadwalkan mulai dijual di Cina mulai 16 Agustus, seharga 599 Yuan (setara Rp 1,4 juta). Belum ada kabar tentang ketersediaan internasional atau di pasar negara lain.

Namun, pertanyaan sebenarnya di sini adalah mengapa Xiaomi repot-repot merancang dan meluncurkan pengisi daya nirkabel 100W Qi? Ponsel dengan pengisian daya nirkabel tercepat yang saat ini ada di pasaran adalah Mi 11 Ultra dan Mi 11 Pro, dengan pengisian daya nirkabel 67W yang diiklankan, diikuti oleh sesuatu seperti Mix 4 baru dan 50W-nya. Kedua ponsel tersebut tercakup dengan baik oleh unit 80W yang ada dan dibanderol 499 Yuan (setara Rp 1,1 juta).