OPPO Reno 4F, Bukan Terbaru Tapi Powerful dan Kaya Fitur

GadgetSquad.id – Di tengah pandemi Covid-19 atau Corona yang melanda Dunia, berbagai pabrikan smartphone nyatanya tetap meluncurkan produk terbaru termasuk Indonesia. Salah satu pabrikan smartphone yang diketahui gencar meluncurkan produk sejak tahun 2020 kemarin hingga di tahun 2021 ini adalah OPPO. Pada bulan Oktober 2020 lalu, OPPO resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni OPPO Reno 4F. Kehadiran OPPO Reno 4F ini melengkapi seri Reno 4 dan Reno 4 Pro, yang telah lebih dulu dirilis OPPO di pasaran Tanah Air pada bulan Juni 2020 lalu.

Dibanding dua “saudaranya”, smartphone OPPO Reno 4F diketahui memiliki keunggulan di sisi desain. Perlu diketahui, ketebalan OPPO Reno 4F ini hanya 7,5 mm sehingga diklaim sama tipisnya dengan sebuah pulpen. Adapun, OPPO Reno 4 dan Reno 4 Pro sedikit lebih tebal, yakni 7,7 mm. OPPO Reno4 F didesain dengan bodi yang lebih ramping dari versi regulernya. Mengusung berat sebesar 164 gram, OPPO Reno4 F adalah teman yang cocok untuk dibawa ke mana-mana tanpa membuat penggunanya tidak nyaman.

Untuk dimensi, OPPO Reno4 F menghadirkan dimensi bodi 160.1 mm x 73.8 mm, menjadikannya lebih ramping. Sedangkan untuk warna, ada warna putih (Metallic White) ataupun hitam (Matte Black). Layar OPPO Reno4 F mengusung panel Super AMOLED dengan ukuran cukup besar, yakni 6,43 inci. Tentu saja, layar sudah membawa resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dan juga menghadirkan kontras dinamis sangat luas yang bisa memanjakan mata penggunanya.

Dari sisi kamera, OPPO Reno 4F adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu dapatkan di kelasnya. Dijamin, pengguna pun akan merasakan kepuasan yang luar biasa karena kejernihan fotonya, serta beberapa fitur unik yang tidak dapat ditemukan pada smartphone lainnya. Sebagai contoh, OPPO Reno 4F mempunyai fitur AI Color Picker. Fitur yang cocok bagi kamu yang ingin tampil beda dan kreatif. Karena dengan fitur ini, kamu bisa mengisolasi seorang subjek foto agar tetap tampil secara berwarna, walau latar belakangnya dibuat menjadi hitam putih secara otomatis.

Spesifikasi kamera OPPO Reno 4F membawa kombinasi lensa yang serupa dengan smartphone OPPO Reno 4 reguler. Kamu masih dapat menemukan kamera utama 48 MP f/1.7 dengan sensor berukuran 1/2.0 inci, lensa 8 MP ultra lebar dengan field of view (sudut keluasan) mencapai 119 derajat, serta dua lensa kedalaman dengan resolusi 2 MP f/2.4. Sama seperti smartphone OPPO Reno 4 reguler, di layarnya pun tersemat Dual Punch Hole dengan resolusi 16 MP sebagai sensor utama dan kamera 2 MP sebagai sensor kedalaman. Bedanya dengan smartphone OPPO Reno 4 reguler, kini lensa tambahannya memang memiliki fungsi fotografi alih-alih sekadar untuk menunjang fitur AON Smart Sensor.

Baca Juga: 1 April Oppo A54 Resmi Bikin Kamu Jatuh Cinta, Yuk Intip Lagi Spesifikasi Keunggulannya

Untuk baterai, OPPO Reno 4F mengusung baterai tipe Li-Po berkapasitas 4.000 mAh. Apalagi perangkat ini berjalan pada panel Super AMOLED yang terkenal lebih hemat daya ketimbang IPS LCD biasa, semakin menyumbang pada ketahanan baterainya. Ditambah lagi, ada fitur Super Power Saving Mode, di mana pengguna bisa memutarkan lagu di Spotify, melakukan chat genting di WhatsApp, ataupun menelepon hingga berjam-jam dalam kondisi baterai mau semaput. Namun, saat mode ini diaktifkan, hanya bisa menggunakan 6 aplikasi yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Di bagian CPU-nya, ada konfigurasi octa core yang mencakup dua buah ARM Cortex A75 (2,2 GHz), dan enam inti ARM Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz. Sementara itu di bagian RAM-nya, sudah tersedia kapasitas 8 GB LPDDR4x yang diiiringi dengan memori internal 128 GB pada standar UFS 2.1.

Menjalankan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, smartphone OPPO Reno 4F juga dilengkapi aplikasi tambahan seperti SoLoop dan OPPO LAB. SoLoop merupakan aplikasi edit video praktis, di mana kamu bisa menggabungkan, memotong sampai berikan efek tertentu pada video. Sangat berguna dan tersedia secara bawaan, tidak perlu mengunduh aplikasi berbayar atau aplikasi gratis yang biasanya penuh iklan.

Meski sensor sekunder pada smartphone OPPO Reno 4F bukan AON Smart Sensor, fitur gestur dari Reno4 tetap dibawa. Pengguna tetap bisa mengangkat telepon dengan cara melambaikan tangan di depan layar, berfungsi ketika tangan sedang kotor. Nantinya, panggilan telepon akan otomatis dialihkan menggunakan speaker.

Bagaimana, tertarik membelinya?