Oppo, Vivo, Huawei dan Xiaomi, Kompak Kembangkan Pesaing Play Store, Apa itu?

GadgetSquad.ID – Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi keempatnya adalah pabrikan hp Cina yang saling bersaing satu sama lain. Tapi apa jadinya jika keempat vendor yang sejatinya saling sikut, melakukan kolaborasi.

Android Authority melaporkan bahwa Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi berkolaborasi menyiapkan sebuah platform toko aplikasi smartphone Android pesaing Google Play Store.

Nantinya platform toko aplikasi online tersebut diberi nama Global Developer Service Alliance (GDSA), yang diharapkan mulai beroperasi pada Maret 2019.

Target pasar Global Developer Service Alliance (GDSA) adalah negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia, India, Malaysia, Spanyol, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Selain itu Rusia juga menjadi target pemasaran GDSA.

Laporan yang sama menyebutkan, aliansi GDSA berkomitmen untuk menyediakan layanan termasuk distribusi konten, dukungan pengembangan, operasi pemasaran, promosi merek, dan monetisasi kepada pengembang global.

Tujuan utama aliansi GDSA adalah untuk memudahkan pengembang aplikasi game, musik, film, dan aplikasi lain dalam memasarkan aplikasi mereka ke pasar luar negeri, di luar platform Google.

Sementara itu, Menurut VP of Mobility Canalys, Nicole Peng, kerja sama keempat vendor ponsel tersebut dapat meningkatkan popularitas masing-masing perusahaan di tingkat regional.

Meski aliansi ini masih dalam tahap awal, tetapi diharapkan langkah ini juga dapat membangun portofolio aplikasi yang solid dari keempat merek ponsel asal China tersebut