GadgetSquad.ID – Menjadi pegawai negeri, hingga saat ini tetap nilai sebagai pekerjaan yang “sexy”. Dengan kondisi tersebut jangan heran, acap kali Pemerintah membuka lowongan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), selalu diserbu para pencari kerja.

Nah bagi yang berminat jadi pegawai negeri, sekarang kamu bisa melakukan pendaftaran lebih mudah. Yup, sekarang pendaftaran CPNS bisa dilakukan secara online.

Diketahui, saat ini Pemerintah membuka lowongan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk profesi Hakim, Petugas Tahanan atau Sipir, dan Petugas Imigrasi. Semua lowongan tersebut, bisa dilakukan via online.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur, mengatakan jumlah lowongan CPNS yang diberikan dicari pemerintah untuk tiga profesi tersebut sebanyak 19.210.

Masyarakat yang ingin melamar menjadi CPNS pun hanya dapat melakukan lamaran melalui jalur online. Masyarakat dapat mengakses informasi dan mendaftar CPNS melalui berbagai situs resmi milik pemerintah.

Hal lain yang perlu diketahui, pendaftaran CPNS jalur online ini, juga tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Adapun, situs-situs resmi yang dapat diakses masyarakat terkait dengan pembukaan lowongan CPNS tersebut antara lain :

a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, https://badilum. mahkamahagung.go.id, https://badilag.mahkamahagung.go.id, https://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: https://cpns.kemenkumham2017.go.id