GadgetSquad.ID – “Perang” melawan pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Berbagai pihak pun saat ini terus saling membantu, agar wabah Corona ini bisa segera berakhir.

Nah dalam upaya memerangi pandemi Corona di Indonesia, Telkomsel untuk kesekian kalinya kembali melalukan aksinya.

Kali ini Telkomsel mendonasikan alat ventilator, hingga lebih dari 100 ribu Alat Pelindung Diri (APD). Semua bantuan tersebut, disalurkan ke Rumah Sakit Darurat, yaitu Rumah Sakit Pertamina Jaya, Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di berbagai daerah Tanah Air, serta melalui pihak ketiga, Yayasan.

Menariknya dalam donasi APD tersebut, Telkomsel berkolaborasi dengan startup Jahitin (The NextDev 2019), memproduksi masker dengan startup Kostoom (The NextDev 2016).

Sementara itu, dalam menyediakan ventilator, operator seluler yang identik warna merah ini bekerjasama dengan Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB lewat program Salman ITB Peduli.

Kemudian, pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan virus Corona yang diinisiasi oleh PMI, Telkomsel dipercaya untuk menyediakan solusi IoT FleetSight dan TOMS (Telkomsel Order Management System), yang akan membantu PMI untuk tetap dapat menerapkan pembatasan fisik (physical distancing) dalam pengelolaan kegiatan, distribusi dan kendaraan operasional PMI

Hal lain yang dilakukan Telkomsel yakni, pemberian dukungan secara strategis bagi sejumlah lembaga pemerintahan dan organisasi di berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa upaya yang telah dilakukan meliputi pemberian bantuan alat kesehatan untuk Pemkab Belitung, Pemkab Batam, dan Pemkot Jayapura, serta bantuan alat kesehatan dan alat komunikasi bagi RS Isolasi Semarang.

Selain it bersama dengan Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah RI dan Pemerintah Daerah, Telkomsel menghadirkan layanan video conference CloudX di Rumah Sakit Darurat di Jakarta dan Batam.

Sedangkan dalam kolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, dan Pemprov DKI Jakarta, Telkomsel menyediakan akses gratis tiga situs informasi penanganan COVID-19, serta pemanfaatan fitur broadcast SMS dalam mengedukasi dan sosialisasi ke masyarakat.

Secara total nilai keseluruhan CSR Telkomsel dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia mencapai Rp 25 miliar