GadgetSquad.ID – Telkomsel kembali menambah amumisi untuk terus mempertahankan hegemoninya, di bisnis telekomunikasi Tanah Air. Kali ini operator terbesar di Indonesia itu resmi memperkenalkan “Indico”.

Indico di plot sebagai identitas brand dari PT Telkomsel Ekosistem Digital. Anak usaha Telkomsel itu disiapkan untuk mengakselerasi ekosistem digital Indonesia.

Kehadiran Indico diharapkan bisa mengakselerasi lahirnya beragam potensi talenta digital yang mendepankan kolaborasi bersama startup lintas sektor tanah air, investor, maupun para pemangku kepentingan lainnya di industri digital.

Hendri Mulya Syam, Direktur Telkomsel mengatakan, kehadiran PT Telkomsel Ekosistem Digital merupakan langkah perusahaan untuk bertranformasi menjadi digital telco company.

“Dengan membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital sebagai anak usaha baru yang memiliki fokus dalam perluasan dan pengembangan portofolio bisnis Telkomsel di sektor digital,” ujar Hendri dalam peluncuran Indico yang dilakukan secara daring.

Apa saja langkah Indico untuk mencapai misi yang ditargetkan. Nantinya roda bisnis Indico akan berfokus pada pengembangan solusi dan layanan lintas sektor yang berorientasi pada pelanggan.

Diharapkan melalui inovasi teknologi yang dikembangkan, dapat memudahkan masyarakat mengakselerasi gaya hidup digitalnya.

Pada tahap pengembangan gelombang pertama, Indico akan fokus dalam mengembangkan tiga sektor industri digital prioritas, yakni kesehatan (health-tech), pendidikan (edu-tech), dan gaming yang dinilai memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional.

Selain ketiga sektor tersebut, Indico juga membuka kesempatan untuk memperluas portofolio bisnis vertikal ke lebih banyak sektor industri lainnya seiring perkembangan pasar dan membuka peluang kolaborasi dalam upaya mengembangkan perekonomian digital nasional.

Sektor health-tech dan edu-tech menjadi dua sektor utama yang telah dikembangkan oleh Indico, seiring dengan bergabungnya pengelolaan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita.

Kehadiran Indico disambut antusias olah Menteri BUMN, Erick Thohir. Menurut Erick, Indico adalah langkah nyata, sebagai bentuk transformasi dalam menyongsong era digital di masa depan.

Telkom diarahkan untuk fokus pada Business to Business (B2B) dan Telkomsel ke Business to Customer (B2C). “Alhamdulillah, transformasi yang dilakukan Telkom sudah terlihat. Bagaimana Telkom fokus ke B2B,” ujar Erick.

Erick pun harap, peluncuran Indico tidak hanya sebatas acara serimonial. Dirinya pun berjanji akan rutin memantau perkembangan Indico secara berkesinambungan.

“Saya akan terus pantau perkembangan Indico secara berkala. setiap 3 bulan akan saya lihat perkembangan,” pungkas Erick.