GadgetSquad – Kedua model PlayStation 5 (PS5) memiliki fitur SSD 825 GB, dan khusus yang 667 GB tersedia untuk instalasi game. Pada awalnya, seharusnya kapasitas itu cukup karena perluasan penyimpanan tidak akan diaktifkan saat peluncuran, dan sebagai gantinya, fitur ini dicadangkan untuk pembaruan di masa mendatang.

PS5 memiliki slot M.2 standar untuk SSD, tapi hanya drive PCIe 4.0 terbaru yang cukup cepat untuk menyesuaikan dengan SSD internal konsol (harus mencapai 5,5 GB/ s, lebih cepat dari yang dikelola bus PCIe 3.0 x4). Dan itu juga bukan satu-satunya persyaratan. 

Mark Cerny, perancang utama konsol, memberi tahu kepada The Verg bahwa hard disk harus cukup tipis agar bisa masuk ke dalam konsol. Jadi tidak ada heat sink yang tebal dan harus kompatibel dengan pengontrol I/ O Sony.

Sony akan melakukan pengujian kompatibilitas dan harus merilis daftar SSD yang berfungsi. Untuk saat ini, tampaknya bahkan produsen drive tidak tahu mana yang bisa digunakan.

Jadi, tergantung pada berapa banyak game generasi berikutnya yang pengguna beli, mungkin harus melakukan beberapa juggling. Namun membawa game PS4 tidak akan menjadi masalah karena itu akan berfungsi dengan baik dari drive eksternal (bahkan HDD, karena game itu dirancang dengan mempertimbangkan disk berputar).

Krena jika menggunakan penyimpanan eksternal untuk game generasi sebelumnya akan diaktifkan sejak hari pertama. 

Sementara, Microsoft mengambil pendekatan berbeda dengan ekspansi penyimpanan untuk Xbox Series S dan X. Mereka masing-masing memiliki 512 GB dan 1 TB SSD, yang mana 364 GB dan 802 GB tersedia untuk game.

Jika menginginkan lebih, Seagate adalah mitra eksklusif yang akan membuat Kartu Ekspansi Penyimpanan. Saat ini, versi 1 TB tersedia dengan harga US$ 220 (Rp 3,1 juta) dan kartu 2 TB akan segera tersedia. 

PlayStation 5 akan tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Korea Selatan pada 12 November. Sementara seluruh dunia harus menunggu hingga tanggal 19 November untuk bisa membelinya.