GadgetSquad.id – Selama Oppo Inno Day 2021, perusahaan akhirnya meluncurkan smartphone lipat Oppo Find N yang sangat dinanti. Perangkat tersebut telah dikembangkan selama empat tahun dan akhirnya diumumkan secara resmi. 

Oppo Find N dari raksasa teknologi Cina telah melalui sejumlah prototipe selama empat tahun terakhir untuk menawarkan pengalaman ponsel lipat yang lebih baik. Perusahaan menempatkan penekanan pada pengembangan desain, engsel, dan daya tahan secara keseluruhan, demikian dilaporkan Gizmochina.

Layar luar menggunakan AMOLED 5,49 inci sedangkan panel utama internal adalah layar AMOLED E5 7,1 inci yang menawarkan kecerahan 1000 nits dengan refresh rate adaptif 1Hz hingga 120Hz. Layarnya hadir dengan gamut warna P3 dan sRGB 100 persen, jadi bagus untuk mengedit juga.

Untuk perlindungan, Oppo menggunakan kaca UTG dan bahkan dilengkapi dengan sertifikasi TUV Rheinland juga. Salah satu area yang menjadi fokus Oppo adalah menghilangkan kusut dan meningkatkan daya tahan secara keseluruhan, sekaligus meningkatkan rasa di tangan. 

Meski berbobot 275 gram, perusahaan berupaya meningkatkan rasa perangkat saat digunakan dalam keadaan terlipat agar nyaman di tangan pengguna dengan desain ergonomis untuk memastikan perangkat tidak terasa berat. Untuk ketahanan, perusahaan menjamin perangkat dapat dilipat 100 kali selama lebih dari 5 tahun pada suhu -20 derajat Celcius tanpa ada kerutan di tengahnya.

Khususnya, terlepas dari mode terlipat dan tidak dilipat, bahkan dapat digunakan dalam mode FlexForm-nya. Dalam mode ini, pada dasarnya seseorang dapat mengatur perangkat di sudut mana pun di antara dua mode lainnya yang bahkan berfungsi dengan aplikasi kamera untuk mode pemotretan tertentu juga.

Fitur ini dimungkinkan berkat mekanisme engsel Flexion baru (terdiri dari 136 bagian), yang diklaim sebagai salah satu yang terbaik di pasar. Area lain di mana perusahaan membuat penambahan kunci adalah UI. Pengguna dapat mengakses aksesibilitas layar terpisah hanya dengan satu sapuan dari wilayah tengah atas. Hal ini membuat proses multi tasking menjadi sangat sederhana dan intuitif. 

Di bawah kap, Oppo Find N memiliki fitur Qualcomm Snapdragon 888 dan ditenagai baterai 4.500 mAh besar yang mendukung pengisian cepat hingga 33W. Chip ini dipasangkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB dan penyimpanan UFS 3.1 256 GB atau 512 GB.

Di bagian belakang, ia menggunakan pengaturan tiga kamera dengan sensor utama Sony IMX 766 50 MP bersama dengan lensa sudut ultra wide 16 MP dan sensor telefoto 13 MP. Bagian depan menampung kamera selfie punch-hole 32 MP di layar luar dan dalam. 

Oppo Find N akan tersedia dalam beberapa varian warna, yakni Black, Ceramic White, dan Purple. Harganya mulai dari 7.699 Yuan (Rp 17,4 juta) untuk varian 8GB+256GB dan 8.999 Yuan (Rp 20,3 juta) untuk model 12GB+512GB. Smartphone lipat baru saat ini tersedia untuk pemesanan di Cina dan penjualannya dimulai dari 23 Desember 2021.