GadgetSquad.id – OPPO telah meluncurkan smartphone lipat pertamanya yang diberi nama OPPO Find N hari ini, Rabu, 15 Desember. Sebelum peluncurannya, perangkat telah diungkapkan oleh media Korea TheElec, dan dikabarkan akan memakai layar lipat Samsung Display untuk panel OLED lipat 7,1 inci, sedang layar depan adalah panel OLED datar 5,45 inci yang disediakan oleh BOE Cina. 

TheElec juga mengungkapkan bahwa perusahaan Cina lainnya sudah menghubungi Samsung Display untuk ponsel lipat mereka berikutnya. Xiaomi adalah salah satu perusahaan seperti smartphone lipat Xiaomi MIX Fold 2 yang disebut-sebut memiliki fitur panel (Ultra-Thin Glass) UTG yang dipasok oleh Samsung Display. 

Samsung bermitra dengan Corning untuk mempelopori panel layar lipat UTG pada tahun 2020. Seri Galaxy Fold/ Flip sampai sekarang adalah satu-satunya model yang menggunakan panel UTG hingga OPPO hadir, seperti dikutip Gizmochina.

Sementara itu, pembuat smartphone Cina menggunakan CPI (Colorless Polymide) sebagai penutup layar untuk model lipat mereka seperti Huawei Mate X yang dirilis pada 2019 serta Mate X2 dan Mi Mix Fold. Tapi jelas, CPI tidak tahan lama seperti panel UTG Samsung Display sehingga beralih ke UTG. Dan BOE ingin memberi Samsung peluang di pasar UTG. 

MIX Fold 2 mendatang dirinci untuk menampilkan panel OLED 8,01 inci Samsung Display dengan UTG serta panel TCL CSOT 6,52 inci untuk layar depan. Xiaomi awalnya menggunakan panel layar lipat yang disediakan oleh TCL CSOT untuk layar depan pada Mi MIX Fold. 

Selain Xiaomi, Vivo juga dikatakan menggunakan panel layar yang dipasok oleh Samsung Disply dan BOE untuk masing-masing layar lipat dalam dan luar ponsel lipatnya. Huawei dikatakan telah mempertimbangkan untuk mengamankan panel OLED yang dapat dilipat dari Samsung Display, tapi rencana tersebut kemudian ditunda hingga paruh pertama tahun ini.

Raksasa Cina itu kemungkinan akan menjual BOE yang telah memasok panel untuk Mate X dan Mate X2. Perangkat lipat Honor yang akan datang juga diperkirakan akan menggunakan panel layar lipat BOE.