GadgetSquad.ID – Akibat penyebaran virus Corona yang terus meningkat, Jakarta akhirnya kembali menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Imbasnya berbagai aktivitas seperti bekerja, kembali harus dilakukan dari rumah atau work from home (WFH)

Berbicara WFH, selain masalah koneksi internet salah satu yang membuat aktivitas kerja dari rumah kurang nyaman, adalah tampilan video conference.

Lantaran perangkat yang digunakan untuk WFH kualitas kameranya kurang baik, alhasil tampilan video conference menjadi kurang maksimal. Hal ini sedikit banyak, mengurangi kenyaman saat WFH

Tapi ada kabar baik nih, terutama bagi kamu pemilik kamera Canon. Ya, Canon baru saja merilis aplikasi yang bisa menyulap kamera digital dapat dipakai untuk video conference.

Aplikasi yang dirilis Canon bernama EOS Webcam Utility Full Version. Aplikasi ini membantu para pengguna kamera digital Canon agar dapat tampil dengan kualitas gambar yang tinggi pada saat melakukan komunikasi dengan video conference.

“Canon berkomitmen untuk selalu memberikan solusi dan memenuhi kebutuhan para penggunanya. Dengan adanya software ini, pengguna kamera Canon bisa mendapatkan gambar video berkualitas tinggi dengan mudah untuk kebutuhan konferensi video atau live streaming,” ujar Merry Harun, Canon Business Unit Director Datascript

Sebetulnya Canon telah mengembangkan aplikasi ini sejak awal pandemi. Namun pada versi terbaru sejumlah peningkatan diberikan, termasuk penambahan tipe kamera yang mendukung.

Total ada 42 kamera digital Canon yang kompatibel dengan software ini, yaitu mulai dari DSLR EOS, mirrorless EOS, hingga kamera PowerShot, termasuk kamera mirrorless terbaru EOS R5 dan EOS R6. Berikut daftarnya:

EOS R5
EOS 5D Mark III
EOS 100D
PowerShot SX70 HS
EOS R6
EOS 5D Mark IV
EOS 200D
PowerShot G7 X Mark III
EOS M200
EOS SDS
EOS 200D II
PowerShot G5 X Mark II
EOS M50
EOS SDS R
EOS 600D
EOS M6 Mark II
EOS 6D
EOS 700D
EOS R
EOS 6D Mark II
EOS 750D
EOS RP
EOS 7D
EOS 760D
EOS Ra
EOS 7D Mark II
EOS 800D
EOS-1D X
EOS 60D
EOS 850D
EOS-1D X Mark II
EOS 70D
EOS 1100D
EOS-1D X Mark III
EOS 77D
EOS 1200D
EOS-1D C
EOS 80D
EOS 1300D
EOS 90D
EOS 1500D

Berikut ini langkah-langkah menggunakan kamera Canon untuk video conference:
1. Download dan instal aplikasi EOS Webcam Utility di sini. Saat ini baru tersedia dalam versi Windows, namun dipastikan segera hadir di macOS
2. Siapkan kamera, disarankan untuk menggunaka tripod agar gambar lebih stabil
3. Nyalakan kamera dan pilih mode Movie
4. Bila perlu atur exposure sesuai dengan kondisi pencahayaan pada ruang
5. Lalu hubungkan kamera Canon ke laptop atau PC menggunakna kebel USB
6. Kamu tinggal menjalankanbaplikasi video conference yang mendukung, yakni

– Zoom
– Skype
– Micorosoft Teams
– Cisco WeBex
– Google Meet
– Google Hangout
– Facebook Messenger
– Facebook Live
– YouTube Live
– Discord
– Streamlabs
– Open Broadcaster Softaware (OBS)
– Slack

7. Setelah menjalankan platform video conference, pilih menu pengaturan/setting, lalu pada opsi kamera/webcam pilih EOS Webcam Utility.
8. Bila pengguna yang ingin merekam file video berkualitas tinggi ke kartu memori di kamera saat video conference atau streaming berlangsung cukup menekan tombol rekam di kamera mereka.

Selamat mencoba!!!!