GadgetSquad.id – Qualcomm Technologies memperkenalkan Qualcomm® Snapdragon™ 865 Mobile Platform yang menggabungkan Sistem Modem-RF 5G dengan platform mobile tercanggih di dunia yang dirancang untuk menghadirkan konektivitas dan kinerja tak tertandingi yang diperlukan untuk perangkat flagship generasi berikutnya.

Qualcomm Snapdragon 865 5G Mobile Platform Reference Design

Platform terbaik di kelasnya, Qualcomm® Snapdragon™ X55 5G Modem-RF System memberikan kecepatan maksimal hingga 7,5 Gbps, lebih cepat daripada sebagian besar koneksi kabel dan meningkatkan pengalaman seluler. Qualcomm® AI Engine generasi ke-5 yang terkemuka dan Qualcomm® Sensing Hub terbaru memberikan lebih banyak kecerdasan dan personalisasi dari sebelumnya.

Snapdragon 865 juga didukung oleh Qualcomm Spectra ™ 480 Image Signal Processor (ISP) yang sangat cepat, menghadirkan fitur baru untuk fotografi dan videografi ponsel berkat kecepatan gigapixel – hingga 2 gigapixel per detik. Gamers dapat menggunakan Snapdragon untuk bermain di level tertinggi dengan serangkaian fitur Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™ baru untuk pengalaman bermain game berkualitas desktop dan grafik yang sangat nyata (ultra-realistic).

CPU Qualcomm® Kryo™ 585 dan GPU Qualcomm® Adreno™ 650 terbaru memberikan hingga 25% peningkatan kinerja dan grafis secara keseluruhan dibandingkan dengan generasi sebelumnya1 memastikan kekuatan pemrosesan yang unggul untuk generasi selanjutnya dari perangkat flagship. Snapdragon 865 mendukung Anda untuk bermain game, mengabadikan momen, multitasking, dan terhubung dengan cara yang tak terbayangkan sebelumnya.

“Snapdragon 865 mendukung konektivitas dan fitur 5G tercanggih di dunia, meningkatkan standar atas tuntutan terhadap sebuah perangkat seluler,” kata Alex Katouzian, Vice President dan General Manager untuk Mobile, Qualcomm Technologies, Inc. “Ini adalah hasil dari kepemimpinan dan inovasi nirkabel Qualcomm selama lebih dari 30 tahun.”

Keunggulan dari Snapdragon 865

Platform Mobile 5G Tercanggih di Dunia

Snapdragon 865 adalah platform mobile 5G tercanggih yang pernah ada. Snapdragon X55 5G Modem-RF System yang dimilikinya adalah solusi modem-to-antenna 5G komersial pertama di dunia yang memberikan kecepatan yang konsisten dan sangat cepat diberbagai kondisi (kecepatan puncak hingga 7,5 Gbps). Pendekatan RF-Modem System yang komprehensif memungkinkan teknologi canggih seperti Qualcomm® 5G PowerSave, Qualcomm® Smart Transmit™, Qualcomm® Wideband Envelope Tracking, dan Qualcomm® Signal Boost untuk membantu memberikan peningkatan pada jangkauan dan kecepatan data bersama dengan dukungan penggunaan baterai yang hemat sehingga dapat digunakan seharian.

Solusi global 5G ini mendukung semua wilayah dan band utama termasuk mmWave dan sub-6 dalam frekuensi TDD dan FDD. Ditambah lagi, [perangkat] ini kompatibel dengan mode non-standalone (NSA) dan standalone (SA) bersama dengan Dynamic Spectrum Sharing (DSS) – sebuah kemampuan untuk memungkinkan 5G untuk beroperasi dalam spektrum 4G, untuk menjamin transisi yang lebih mulus, roaming 5G global dan dukungan untuk multi-SIM. Selain konektivitas 5G, Snapdragon 865 mendefinisikan ulang kinerja Wi-Fi 6 dan pengalaman audio Bluetooth melalui subsistem konektivitas Qualcomm® FastConnect ™ 6800.

Inovasi fitur Wi-Fi 6 yang luas membantu pengguna untuk memanfaatkan kecepatan luar biasa (mendekati 1,8 Gbps) dan latensi rendah, terutama di lingkungan yang ramai dengan banyak perangkat yang bersaing dalam satu jaringan. FastConnect 6800 juga di antara yang pertama yang mendapatkan Wi-Fi CERTIFIED 6 oleh Wi-Fi Alliance. Pengenalan Qualcomm® aptX™ Voice menjadikan Snapdragon 865 sebagai platform mobile pertama yang secara nirkabel mendukung suara Super Wide Band (SWB) melalui Bluetooth untuk level audio yang amat jernih. Dengan dukungan dari aptX Adaptive dan Qualcomm TrueWireless™ Stereo Plus, platform dapat mengurangi latensi, meningkatkan masa pakai baterai, dan meningkatkan ketahanan untuk headphone nirkabel dan earbud.

Qualcomm AI Engine ke-5 Qualcomm

Qualcomm AI Engine generasi ke-5 dan perangkat lunak AI terbaru menghadirkan kinerja luar biasa untuk pengalaman kamera, audio, dan gaming terbaru. Perangkat ini memiliki performa AI luar biasa sebesar 15 Trillion Operations Per Second (TOPS), 2 kali lebih kuat dari pendahulunya2. Inti dari Qualcomm AI Engine terdapat pada Qualcomm® Hexagon™ Tensor Accelerator yang baru dan lebih baik, memiliki 4 kali performa TOPS dari Tensor Accelerator sebelumnya dengan efisiensi daya 35% lebih besar saat digunakan.

Lalu, ada penerjemah secara langsung dengan menggunakan AI, dimana ponsel Anda dapat menerjemahkan apa yang Anda ucapkan ke bahasa asing baik dalam bentuk teks maupun ucapan. Selain Qualcomm AI Engine, ada hal baru yaitu Qualcomm Sensing Hub yang juga membuat perangkat Anda memiliki kesadaran secara kontekstual dari sekelilingnya, dengan menggunakan daya yang sangat rendah.

Deteksi suara yang sangat akurat memastikan permintaan Anda didengar dengan lebih jelas oleh asisten suara favorit Anda, sementara sensor yang selalu aktif dan pengenalan suara yang cerdas membawa AI ke tingkat yang berbeda. Qualcomm® Neural Processing SDK yang diperbarui, Hexagon NN Direct dan perangkat Qualcomm® AI Model Enhancer memberikan para pengembang (developer) kebebasan dan fleksibilitas tertinggi untuk membuat aplikasi yang lebih cepat dan lebih cerdas.

ISP Kecepatan Gigapixel

ISP Snapdragon 865 beroperasi pada kecepatan yang sangat mengejutkan hingga 2 gigapixel per detik dan menyediakan fitur dan kemampuan kamera yang terbaru. Anda dapat merekam dengan kualitas 4K HDR dengan lebih dari satu miliar warna, merekam video 8K, atau mengambil foto besar berukuran 200-megapiksel. Anda juga dapat memanfaatkan kecepatan gigapixel untuk memperlambat dan menangkap setiap milidetik detail dengan pengambilan video gerakan lambat tanpa batas*, pengambilan video slow-motion dengan kualitas tinggi pada 960 fps.

Dan sekarang, untuk pertama kalinya di perangkat ponsel, kemampuan pengambilan video Dolby Vision untuk menciptakan rekaman HDR 4K yang brilian yang siap tayang dan tampil untuk layar lebar. Bersamaan dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-5, kecepatan gigapixel ISP dapat dengan cepat dan cerdas mengidentifikasi latar belakang, orang, dan objek yang berbeda, sehingga mereka dapat dilihat secara individual atau terpisah untuk foto yang benar-benar dapat disesuaikan.

Gaming dengan kualitas desktop

Snapdragon 865 membuka fitur-fitur premium yang baru pertama kali ada dalam perangkat seluler untuk menghadirkan pengalaman gaming yang sangat mulus dengan kualitas grafis tertinggi dari Snapdragon Elite Gaming. Snapdragon 865 adalah platform mobile pertama di Android yang mendukung Desktop Forward Rendering, memungkinkan pengembang game membawa pencahayaan dan efek pasca-pemrosesan kualitas desktop sehingga menciptakan tingkat realisme baru untuk game di ponsel. Pertama ada di perangkat seluler, Adreno Updateable GPU Driver dapat diunduh secara langsung dari app store ketika disediakan oleh OEM, yang memberikan pemain kendali atas pembaruan driver grafis dan pengaturan GPU untuk game favorit mereka guna mencapai performa premium.

Tampilan dan ketelitian visual papan atas High Dynamic Range (HDR) gaming untuk ponsel dengan refresh rate 144Hz hadir untuk pertama kalinya di ponsel dan Game Color Plus untuk memperkaya kualitas gambar game dengan detail dan saturasi warna yang ditingkatkan, dan local tone mapping. Game play sekarang dioptimalkan ke level mikrodetik dengan Snapdragon Game Performance Engine, yang menyediakan pengaturan sistem real-time yang adaptif dan prediktif untuk kinerja yang berkelanjutan dalam periode waktu yang lebih lama. GPU Adreno 650 terbaru menawarkan fitur-fitur yang tertanam pada perangkat keras seperti Adreno HDR Fast Blend untuk meningkatkan tampilan permainan dengan blending yang berat, sering digunakan dalam sistem partikel dan rendering yang rumit, dan untuk menghasilkan peningkatan kinerja hingga dua kali untuk operasi tertentu3.