GadgetSquad.ID – Google Pixel diakui menjadi hp dengan fasilitas kamera terbaik yang pernah ada. Hal ini membuat banyak orang penasaran dengan teknologi kamera yang diusung hp tersebut.

Nah, kalau Agan menjadi salah satu yang penasaran ketangguhan kamera di Google Pixel. Sekarang ini, pihak Google akhirnya mau membocorkan rahasia, dibalik performa kamera Google Pixel yang ciamik.

Seperti dikutip The Verge, salah satu kunci utama dalam fitur kamera Google Pixel adalah, teknologi kecerdasan buatan (AI). Kini, Google membongkar rahasia AI tersebut dan bisa dipakai oleh siapa pun.

Baru-baru ini Google memasukkan sesuatu yang bernama DeepLab-v3+ ke dalam daftar kode open source mereka. Menurut Google, DeepLab-v3+ ini adalah kode yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto dengan efek serupa di Google Pixel.

DeepLab-v3+ sendiri, adalah alat segmentasi gambar yang dibuat menggunakan teknologi bernama convolutional neural network. Yaitu sebuah metode machine learning yang bisa menganalisa data visual.

Segmentasi gambar ini bekerja dengan menganalisa objek yang ada dalam sebuah gambar, lalu memilahnya antara elemen foreground dan background. Data-data ini kemudian bisa dipakai untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

Menurut engineer software Google bernama Liang-Chieh Chen dan Yukun Zhu, segmentasi gambar berkembang dengan sangat pesat, ditambah lagi dengan boomingnya penggunaan deep-learning machine. Alhasil kini levelnya sudah mencapai tingkat yang sulit dibayangkan lima tahun lalu.