GadgetSquad.ID – Seperti pepatah “Konsumen adalah Raja”, semua produsen termasuk vendor hape, selalu ingin memberikan produk terbaik bagi pelanggannya.

Bahkan demi memanjakan user, tak jarang fitur maupun teknologi di hape yang baru dirilis, merupakan hasil masukan dari pelanggan.

Salah satu yang sering jadi masukan, biasa user ingin punya hape dengan fitur mumpuni harga ramah. Request tersebut, ada yang bisa diwujudkan vendor.

Karenanya jangan heran saat ini banyak hape dengan harga ramah, tapi speknya menjanjikan. Dua diantaranya adalah realme C55 NFC dan Vivo Y36. Siapa yang lebih “champions” jika keduanya disandingan.

Cus coba kita ulik.

realme C55 NFC VS Vivo Y36

realme C55 NFC mulai menyapa user di Indonesia pada periode Maret 2023. realme C55 NFC dijadikan hape champions di kelasnya. Sementara itu, Vivo Y36 masih sangat gress rilis di Indonesia, dimana hape ini meluncur jelang akhir Mei 2023.

Kamera

Lanjut bro. Merujuk spesifikasi dari sektor kamera, realme C55 NFC dibekali kamera utama 64MP. Lensa kameranya sendiri, selevel dengan kamera hape realme kelas flagship.

Fitur pendukung di menu imaging realme C55 NFC terbilang lengkap, bikin kamu leluasa mengabadikan momen, yang memanjakan indera penglihatan.

Di sisi berlawanan, Vivo Y36 mengajak user mengabadikan momen dengan kamera utama 50MP. Fasilitas pendukung di sektor imaging jagoan Vivo Y36, sudah standar hape masa kini.

Baca juga: Buruan Daftar, REALME LEAGUE SEASON 2. Segera Dimulai

Performa

Beralih ke area dapur pacu, tepatnya di sektor RAM serta memori. Dua hal ini cukup krusial, lantaran bisa berpengaruh kepada peforma hape.

Jika memilih realme C55 NFC, aktivitas user saat mengeksplor hape ini terbilang smooth, lantaran dikawal RAM 8GB + 8GB Dynamic RAM Expansion. Memori internalnya mencapai 256GB.

Performa yang nyaris sama, juga disuguhkan Vivo Y36. Pasalnya jagoan Vivo itu juga dibekali RAM dan memori yang tidak jauh berbeda dengan punggawa realme.

Desain

Menyusuri wilayah desain, realme C55 NFC nampak stylish dengan bodi belakang yang berkilau. Di bodi belakang realme C55 NFC, terdapat 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis-garis hujan. Hasilnya realme C55 NFC punya tampilan bodi belakang yang ikonik.

Gak mau kalah dengan kompetitor, Vivo Y36 juga menggoda dengan desain hape yang kekinian. Punggung atau area belakang Vivo Y36 terlihat segar dalam balutan teknologi Dynamic Glass Design..

Baca juga: Vivo Y36 Rilis di Pasar Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

Baterai dan Daya

Berbicara daya tahan, baik realme C55 NFC maupun Vivo Y36, kompak ditanamkan baterai 5000 mAh. Berbedaan terlihat dari teknologi pengisian cepat.

realme C55 NFC mendukung pengisian cepat 33W. Sedangkan Vivo Y36 bisa mengisi baterai dengan kecepatan 44W.

Menu lainnya bisa dikatakan sama, tapi ada fitur di realme C55 NFC yang tidak dimiliki Vivo Y36. Fitur tersebut adalah “Mini Capsule” pertama untuk hape Android. Menu Mini Capsule sendiri, tidak dimiliki Vivo Y36.

Harga 

Sekarang saatnya menyenggol wilayah harga. Kamu cukup merogoh kocek Rp 2.999.999 untuk mendapatkan kecanggihan yang dimiliki realme C55 NFC. Jika naksir Vivo Y36, kamu harus siapkan dana Rp 3.399.000.

Kesimpulan

Dari hasil penelusuran jika dieksplorasi secara detail, merujuk beberapa indikator di atas, tetap ada perbedaan yang membuat persaingan kedua hape terbilangan sengit.

realme C55 NFC dengan bekal kamera utama 64MP, jelas lebih menjanjikan dibanding kamera 50MP milik Vivo Y36. Menariknya lagi kamera realme C55 NFC, menggunakan lensa level flagship.

Soal amunisi dapur pacu di sektor RAM dan memori, keduanya terbilang seimbang. Bergeser kesoal tampilan, Vivo Y36 memang punya desain bodi belakang yang menyegarkan. Di sisi lain, desain gak kalah kece juga disuguhkan realme C55 NFC.

Masalah daya tahan keduanya punya kapasitas baterai 5000 mAh, yang membedakan hanya diteknologi pengisian cepat. Vivo Y36 sedikit unggul berkat pengisian cepat 44W, sedangkan realme C55 NFC mendukung fast charging 33W.

Di sisi lain, realme C55 NFC punya nilai lebih yang gak dimiliki Vivo Y36, yakni keberadaan fitur Mini Capsule. Keberadaan Mini Capsule menjadi pembeda yang membuat realme C55 NFC, terlihat lebih kekinian.

Hal lain yang patut jadi pertimbangan yakni harga. Dari hasil penulusuran, secara umum baik realme C55 NFC maupun Vivo Y36, punya amunisi yang mirip-mirip.

Jadi mana yang lebih worth it untuk dipinang!!