GadgetSquad.ID – Layaknya aksi kebut-kebutan menegangkan di film Fast & Furious, berbagai pabrikan smartphone sedang tancap gas meramaikan persaingan smartphone 5G di Indonesia, tidak terkecuali realme. Melalui ajang 5G summit beberapa waktu lalu, realme sudah “memanaskan mesin” untuk ngebut pasar smartphone 5G Tanah Air.

Di ajang tersebut, Palson Yi Marketing Director realme Indonesia memastikan akan memboyong deretan smartphone 5G berkualitas. Hal menarik lainnya, realme memastikan smartphone 5G yang akan rilis, bisa didapat dengan harga yang bersahabat. Taktik realme tersebut sangat menggoda, apalagi smartphone 5G yang beredar di Indonesia, harganya masih cukup menguras kantong.

Nah, salah satu hape 5G realme tersebut sudah menyambangi meja redaksi GadgetSquad. Mengusung slogan “5G. Fast Speed to Infinity.”, perkenalkan guys ini dia realme 8 5G. Sekencang apa realme 8 5G ngebut di lintasan 5G? Apakah hanya harga murah yang menjadi daya tariknya? Berikut ulasannya!!!

Desain
“Seperti melihat mobil sport yang tampil keren dengan desain ikoniknya”, itulah yang GadgetSquad rasakan saat pertama kali memandang realme 8 5G. Tampilan realme 8 5G nampak begitu futuristik nan elegan dengan sentuhan akses glossy yang membalut bodi belakangnya.

Tampilan body belakang realme 8 5G, menjadi identitas utama smartphone ini. Ternyata, bagian belakang smartphone ini terinspirasi oleh film Fast & Furious. Dimana pendaran lampu depan yang melaju kencang dalam film, diwujudkan realme dalam bentuk desain bodi belakang yang ikonik nan futuristik.

Saat bodi belakangnya terkena bias cahaya, bodi belakang realme 8 5G akan memantulkan perubahan cahaya yang dinamis. realme menyebut konsep desain ini sebagai Dynamic Speed Light. Apa yang dilakukan realme di bodi realme 8 5G, seakan mempertegas jika pabrikan asal Tiongkok ini memang piawai dalam menghadirkan desain yang ikonik

Untuk menghadirkan konsep desain ini, realme 8 5G menggunakan proses pelapisan indium high-gloss pada Supersonic Blue untuk mengembalikan kesan cahaya yang mengilap. Sedangkan pada varian Supersonic Black, seperti yang GadgetSquad uji, realme menggunakan proses pola lentikular untuk menghadirkan efek cermin premium.

Desain pelindung sudut memperkuat sudut bodi pada smartphone, secara efektif mengurangi risiko kerusakan layar. Semua antarmuka bodi diatur dengan pengukuran kedap air yang ketat untuk mencegah tumpahan secara efektif.

Hal menarik lainnya yang ditemukan saat mengeksplor bagian desain, realme 8 5G ternyata memiliki body super slim dengan ketebalan 8,5mm. Alhasil hape ini lebih mantab saat digenggam. Agar body belakang realme 8 5G, tak mudah lecet dan tak gampang kusam oleh sidik jari, dalam paket pembelian tersedia soft case.

Layar
Lanjut ke area layar broo!! Dari segi ukuran, menurut GadgetSquad garis tengah layar realme 8 5G yang menyentuh 6,5 inci, sudah terbilang proporsional. Layarnya sendiri mengusung desain puch hole yang kekinian.

Saat diuji, layar smartphone ini terbilang responsif, pergerakannya pun terbilang smooth. Tak hanya itu, tampilan layar juga nampak nyata. Performa layar realme 8 5G yang mempuni, tidak lepas dari deretan teknologi yang diusung. realme 8 5G memiliki layar Ultra Smooth dengan kecepatan refresh 90Hz.

Layar 90Hz ini menghasilkan pengalaman visual yang mulus di setiap gerakan pada layar. Tak hanya itu, layar smartphone 5G ini juga memiliki kecepatan pengambilan sampel maksimum 180Hz. Layarnya sendiri hadir dengan resolusi 2400×1080 FHD+, plus tingkat kecerahan hingga 600 nits dan 16,7 juta warna layar.

Dengan semua amunisi yang ada, serta sokongan rasio layar-ke-bodi 90,5%, realme 8 5G mampu memberi GadgetSquad pengalaman visual yang luar biasa. Dijamin kamu akan bakal betah berlama-lama menghabiskan waktu di depan layar realme 8 5G, mulai dari menonton streaming hingga bermain aneka game online.

Kamera
realme 8 5G memang disematkan embel-embel 5G, tapi bisa dipastikan tak hanya koneksi cepat generasi kelima saja yang jadi senjata andalan hape ini. Mengusung DNA keluarga realme seri 8, yang dikenal memiliki kualitas mumpuni di sektor fotografi. realme 8 5G pun siap memanjakan kamu dengan kualitas mobile fotografi berkelas.

Melihat bodi belakang realme seri 8 5G, kamu pasti segera sadar jika fotografi menjadi salah satu senjata andalan hape terbaru ini. Ya, di bodi belakang tersemat 3 lensa kamera yang menjanjikan pengalaman fotografi mumpuni.

Kamera utamanya hadir menggunakan resolusi 48MP HD, aperture F1.8, 80° FOV, dan lensa 6P. Lensa HD profesional dapat merekam pemandangan yang sangat jernih dengan detail foto tertentu dan menggandakan tekstur keseluruhan.

Masih soal kamera utama, bagi kamu yang senang berburu foto senja apalagi night fotografi, dipastikan bakal nyaman saat memaksimalkan lensa utama realme 8 5G. Pasalnya lensa utama realme 8 5G sudah dipersenjatai, teknologi Nightscape.

Mode Nightscape di smartphone ini memiliki banyak filter malam yang popular. Selain mempertahankan eksposur yang baik dengan titik-titik sorotan, fitur ini juga dapat membuat foto di kegelapan lebih terang dan jelas dengan lebih banyak detail.

Saat semua teknologi di mode Nightscape berkerja, hasilnya adalah sebuah foto malam nan natural dengan tingkat noise yang terbilang minim. Sedikit tips, untuk hasil foto malam yang mumpuni dan tak goyang, sebaiknya kamu membawa perangkat tripod saat membidik objek.

Masih bermain di kualitas fotografi realme 8 5G. Selain lensa utama 48MP, realme 8 5G juga dipersenjatai lensa monokrom serta optik macro, berkualitas masing-masing 2MP. Adanya lensa monokrom serta makro tersebut, membuat kamu lebih asik lagi berkreasi menghasilkan foto yang ikonik.

Lensa monokrom di realme 8 5G mampu mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih komprehensif, sekaligus membantu lensa utama dalam menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Sedangkan untuk makro, saat diuji lensa ini bisa menghasilkan foto keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Bagaimana dengan teknologi swa foto yang diusung realme 8 5G? Untuk kebutuhan selfiea, hape ini dibekali kamera depan 16MP dengan aperture F2.0.

Kamera depannya, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dan masih banyak lagi. Secara khusus, algoritma efek kecantikan baru dikembangkan untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, serta bentuk dan fitur wajah memungkinkan kamu mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan halus dengan cepat.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan, kamera realme 8 5G juga bisa dihandalkan untuk membuat konten video. smartphone ini bisa merekam video dengan kualitas 1080p/30fps, plus beberapa fitur tambahan untuk hasil rekam yang jauh lebih menarik, seperti menu slow mo.

Performa
Selama mengeber smartphone ini dalam berbagai skenario, mulai dari menjalankan aktivitas keseharian, hingga kegiatan hiburan seperti nonton streaming serta main gim online. GadgetSquad tidak merasakan kendala berarti, semua bekerja mulus tanpa ada leg.

Indikasi smartphone ini memiliki performa bertenaga, yakni saat realme 8 5G digeber bermain aneka gim online salah satunya Call off Duty Mobile. Dikenal sebagai salah satu gim yang membutuhkan performa besar untuk dinikmati, GadgetSquad tidak merasakan realme 8 5G mengalami penurun kinerja, saat digerber bermain CODM mobile.

Performa ciamik tersebut, tidak lepas dari komposisi dapur pacu bertenaga yang tertanam di realme 8 5G. Di mulai dari chipset MediaTek Dimensity 700 5G generasi terbaru. Sebagai “otak” dari realme 8 5G, prosesor tersebut menggabungkan dua inti Arm Cortex-A76 berkemampuan tinggi, dalam CPU octa-core yang berkecepatan 2.2GHz.

Dimensity 700 5G menggunakan prosesor produksi 7nm terbaru, yang lebih hemat daya hingga 28% dari pada proses 8nm. Kinerja layar dan grafis yang prima di hape ini, tak lepas dari kehadiran GPU bertenaga sekelas Arm Mali-G57 MC2 dengan kecepatan clock 950MHz.

Masih mengulik soal dapur pacu. Performa maksimal realme 8 5G tak lepas dari kapasitas RAM LPDDR4x yang diusungnya. realme 8 5G memiliki memori RAM 8GB + ROM 128GB. Lebih istimewanya lagi, realme 8 5G sudah dibenamkan teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE).

Sesuai namanya, saat teknologi DRE aktif, RAM di realme 8 5G bisa ditambah. Caranya kerjanya dengan mengkonversi kapasitas ROM menjadi virtual RAM. Tak cukup sampai disitu, smartphone ini juga tersedia 3 slot kartu, terdiri dari 2 kartu SIM dan sebuah kartu Micro SD (hingga 1TB).

Tentang 5G
realme 8 5G diposisikan sebagai “The most affordable 5G phone for everyone”. Artinya, kamu tidak perlu menguras kantong lebih dalam untuk menikmati kecanggihan 5G ala realme 8 5G. Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui koneksi 5G yang diterapkan di Indonesia saat ini adalah 5G Non Stand Alone (NSA).

Artinya agar koneksi itu aktif, membutuhkan kombinasi band antara 4G dan 5G. Saat ini baru satu operator penyelenggara 5G di Indonesia. Operator tersebut menggunakan band N40 (2.300 MHz) untuk data plane, mereka membutuhkan control plane di band B1 (2.100 MHz) atau B3 (1.800 MHz).

Nah, ketika smartphone 5G yang tidak memiliki kemampuan untuk band N40 sedang terhubung dalam mode 4G pada band B1 atau B3, di jaringan operator yang sudah mengkomersilkan 5G, maka ada kemungkinan logo 5G bisa tampil di smartphone kamu. Tapi bukan berarti kamu bisa langsung menikmati koneksi cepat ala 5G.

Karena untuk bisa benar-benar terhubung, ponsel tersebut harus mendukung band combo N40, yang control plane-nya sesuai dengan frekuensinya operator penyelenggara 5G di Indonesia. Satu lagi yang perlu diperhatikan, SIM card yang digunakan harus terlebih dahulu teregistrasi.

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, dijamin kamu bisa merasakan asiknya ngebut di koneksi 5G. Konon saat diuji, kecepatan 5G di Indonesia bisa tembus 600 Mbps. Pertanyaanya, bagaimana dengan teknologi 5G yang tertanam di realme 8 5G?

Dari data yang didapat, realme 8 5G menjadi smartphone 5G pertama yang menggunakan prosesor Dimensity 700 5G. Prosesor tersebut memungkinkan hape realme 5G ini , mendukung 5G Dual SIM Dual Standby. Dimensity 700 juga berhasil mencatatkan skor AnTuTu sebesar 360394, lebih tinggi dibanding dengan prosesor 5G lainnya.

Selain itu, prosesor Dimensity 700 5G di hape ini mendukung SA / NSA dan mencakup pita frekuensi 5G mainstream. Merujuk fakta tersebut, artinya realme 8 5G sudah siap ngebut di jaringan 5G Tanah Air. Saat GadgetSquad mengulik jagoan terbaru realme lebih dalam, pada seting koneksi internet sudah terdapat pilihan 5G.

Sayang, karena SIM card yang dimiliki GadgetSquad belum aktif fitur 5Gnya, lantaran proses registrasi yang membutuhkan waktu. GadgetSquad, belum bisa menguji kecepatan realme 8 5G saat ngebut di lintasan 5G.

Sekedar info tambahan, sejatinya untuk menikmati 5G konsumen gak perlu mengganti kartu. Tapi seperti sempat disinggung di atas, kamu tetap harus melakukan proses registrasi agar fitur 5G di SIM card aktif. Saat ini, karena koneksi 5G masih terbatas, konsumen yang bisa registrasi harus diseleksi terlebih dahulu.

Fitur lainnya dan Baterai
Smartphone 5G ini, dibekali antar muka realme UI 2.0 yang berbasis Android 11. Antar muka andalan realme tersebut, dibuat dengan cermat guna menghasilkan pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat dengan stock Android.

UI ini dirancang dengan mempertimbangkan preferensi dan estetika konsumen muda. Di realme 8 5G, lebih banyak fitur terbaru dihadirkan ke smartphone ini. Teknologi lain yang layak dikedepankan, realme 8 5G sudah dipersenjatai teknologi NFC yang perannya saat ini semakin dibutuhkan konsumen.

realme 8 5G memiliki fitur pemindai sidik jari samping, yang secara cerdas menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya dengan sekali tekan, ponsel akan langsung terbuka dan juga memberikan keamanan lebih.

Soal daya tahan, di balik bodi ramping dan ringan realme 8 5G, yang tak lebih dari 8,5mm dan 185 gram, hape ini ternyata menggendong baterai berkapasitas besar. Pihak realme mempersenjatai smartphone 5G affordable ini dengan baterai berdaya 5000 mAh.

Karena 5G membutuhkan konsumsi daya lebih, di hape ini realme memperkenalkan Smart 5G Power Saving. Teknologi Smart 5G Power Saving secara cerdas mengidentifikasi kekuatan sinyal di sekitarnya, kemudian secara cerdas beralih antara 4G dan 5G tanpa jeda waktu peralihan.

Imbasnya, realme 8 5G memiliki konsumsi daya 30% lebih rendah daripada ponsel tanpa fitur Smart 5G. Terdapat juga Mode Super Power Saving juga terdapat di realme 8 5G. Mode ini membuat realme 8 5G bisa menghemat baterai lebih lama lagi, alhasil kamu gak perlu sering-sering mengisi ulang baterai.

Saat diuji dengan pemakaian standar, hape ini bisa aktif lebih dari 1 hari. Tak ketinggilan, sumber energi di hape ini sudah mendukung pengisian cepat 18W menggunakan konektor tipe-C, alhasil baterai 5000 mAh dapat terisi penuh dengan cepat

Kesimpulan
Dari hasil eksplorasi GadgetSquad, realme 8 5G bisa dikatakan, sebagai jawaban memuaskan dari realme untuk memulai pertarungan smartphone 5G di Indonesia. Slogan “5G Fast Speed to Infinity”, yang diusung realme 8 5G menurut GadgetSquad tak berlebihan. Kenapa? Karena selama diuji smartphone ini memiliki performa yang ngebut, layaknya koneksi 5G.

Hal lain yang tidak kalah penting, realme 8 5G kembali menjadi panggung pembuktian bagi realme, jika pabrikan yang satu ini selalu konsistensinya dalam memproduksi smartphone berkualitas dengan harga yang affordable, termasuk untuk smartphone 5G.

So saatnya ngebut dengan realme 8 5G, “Smartphone 5G paling terjangkau untuk semua orang” !!!