GadgetSquad.id – Samsung telah mengerjakan smartphone seri Galaxy S generasi berikutnya yang akan diluncurkan awal tahun depan. Sekarang, beberapa bulan sebelum peluncuran resmi, sebuah laporan baru mengklaim bahwa raksasa Korea Selatan telah memulai produksi massal beberapa komponen untuk smartphone andalan yang akan datang. 

Laporan datang dari WinFuture yang mengklaim bahwa Samsung telah mulai produksi massal komponen untuk tiga ponsel unggulan yang akan datang—Galaxy S22 (SM-S901), Galaxy S22 Plus (SM-S906), dan Galaxy S22 Ultra (SM-S908). Lebih lanjut menambahkan bahwa proses, yang dimulai sekitar minggu lalu, saat ini terbatas pada sejumlah kecil bagian, seperti kabel fleksibel.

Laporan itu juga mengatakan bahwa perusahaan saat ini fokus pada varian Amerika Serikat dan kemudian akan bekerja pada model lain. Adapun tanggal peluncuran, tidak ada konfirmasi tentang hal itu. Beberapa laporan menunjukkan bahwa perangkat akan resmi pada akhir Januari 2022, kabar lainnya ada yang mengindikasikan peluncuran sekitar bulan Februari.

Sebelumnya, ada laporan tentang jajaran Samsung Galaxy S22 yang diluncurkan pada Januari, tapi tampaknya, peluncuran telah diundur ke Februari karena perusahaan sekarang bersiap untuk meluncurkan Galaxy S21 FE yang sangat tertunda pada Januari 2022. Ini bisa terjadi selama Pameran Elektronik Konsumen (CES) 2022, demikian dikutip Gizmochina.

Soal spesifikasi, Galaxy S22 Ultra dikabarkan akan mengusung layar AMOLED QHD+ LTPO berukuran 6,8 inci dengan refresh rate 120HZ. Ponsel ini akan ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 898 atau Exynos 2200 tergantung pada wilayahnya. 

Modul kamera belakang dapat mencakup kamera utama 108 MP, kamera ultra-wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP dengan zoom optik 3x, dan lensa zoom periskop 10 MP dengan zoom optik 10x. Smartphone ini juga dikatakan memiliki slot khusus untuk menyimpan stylus S Pen.

Di perangkat perangkat lunak, semua model dalam jajaran akan hadir dengan One UI 4.0 berbasis Android 12 out-of-the-box. Galaxy S22, S22 Plus, dan S22 Ultra kemungkinan akan memiliki baterai masing-masing 3.700 mAh, 4.500 mAh, dan 5.000 mAh. Model Ultra akan mendukung pengisian cepat 45W, sedang S22 dan S22 Plus dapat terus mendukung pengisian cepat 25W.