GadgetSquad – Samsung Galaxy S21 akan segera tiba dan bocoran spesifikasi ponsel pintar itu mulai beredar perlahan. Pertama dari Samsung, yang cukup baik untuk mengkonfirmasi Galaxy S21 untuk pertama kalinya setelah perusahaan pengajukan perangkat untuk fisertifikasi melalui program sertifikasi 3C publik Cina.

Forbes, 18 Oktober 2020 melaporkan, sertifikasi itu mengonfirmasi nomor modelnya adalah ‘SM-G9910’, sementara nomor model Galaxy S20 adalah ‘SM-G981. Berikutnya adalah bagian yang menarik dari pembocor ponsel terkenal Steve Hemmerstoffer (alias @OnLeaks) yang telah membocorkan kode induk dan desain ponsel seri Galaxy S baru itu di profil media sosialnya.

Di empat postingan terpisah, Hemmerstoffer mengungkapkan desain baru Samsung untuk Galaxy S21, Galaxy S21 Ultra, serta video 360 derajat dari kedua ponsel, dan ada banyak hal yang disukai. Perubahan yang paling mencolok adalah Samsung akan melengkapi jajarannya dengan bingkai kamera yang dirombak secara radikal, halus dan menyatu ke bagian sisi ponsel.

Desain bingkai kamera tersebut belum pernah terkihat pada desain ponsel cerdas yang sudah ada dan terlihat memukau. Bisa dikatakan, bingkai kamera Galaxy S21 Ultra sangat besar, menempati hampir setengah lebar ponsel, dan cocok untuk tidak kurang dari empat kamera plus lampu flash.

Menariknya, Hemmerstoffer mencatat bahwa Samsung dapat memuat dua kamera zoom dan tidak mengesampingkan dukungan S-Pen (yang telah dibocorkan), meskipun baik Galaxy S21 maupun S21 Ultra tidak memiliki slot khusus untuk S-Pen dalam desainnya yang bocor. Namun, desain yang dibocorkan Hemmerstoffer masih belum dikonfirmasi.

Galaxy S21 Ultra adalah langkah maju yang besar dengan layar hampir tanpa bezel, tapi Galaxy S21 tampaknya memiliki bezel yang lebih tebal (meski lebih simetris) daripada pendahulunya. Dari segi dimensi, Hemmerstoffer mengungkapkan bahwa Galaxy S21 Ultra akan memiliki layar antara 6,7 ​​dan 6,9 inci (S20 Ultra menggunakan panel 6,9 inci) dan dimensi 165,1 x 75,6 x 8,9mm (10,8mm dengan tonjolan kamera)–membuatnya sedikit lebih kecil dari pendahulunya.

Sementara Galaxy S21 cocok dengan S20 dengan layar 6,2 inci dan ukuran yang hampir identik 151,7 x 71,2 x 7,9mm (9.0mm dengan tonjolan kamera). Hemmerstoffer menutup dengan mengonfirmasi kabar besar yang bocor awal pekan ini, dan menyebutkan bahwa Samsung memang akan meningkatkan peluncuran ponsel ini beberapa bulan lagi. Meski begitu, dia yakin itu akan terjadi awal Januari, bukan Desember tahun ini.